PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMP NEGERI 2 GURAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

LELYANI PRAMITA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0049

Abstract

ABSTRAK

 

LELYANI PRAMITA SARI: Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMP Negeri 2 Gurah Tahun Pelajaran 2018/2019, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

 

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) tahun 2015 menunjukkan prestasi siswa Indonesia bidang matematika mendapat peringkat 45 dari 50 negara dengan skor 397 membuat peneliti prihatin. Selain itu pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama masih berpusat kepada guru sehingga siswa hanya berperan pasif mendengarkan penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gurah materi relasi dan fungsi menggunakan model Problem Based Learning, (2) menjelaskan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gurah materi relasi dan fungsi menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gurah materi relasi dan fungsi.

Penelitian ini menggunakan desain non-equivalent posttest only control group design. Subyek penelitiannya adalah kelas VIII D sebagai kelas model konvensional dan kelas VIII E sebagai kelas PBL SMP Negeri 2 Gurah yang berjumlah 64 siswa. Setelah dua kelas tersebut diberi perlakukan selanjutnya dua kelas tersebut diberikan tes kemampuan berpikir kritis untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis disetiap kelas.

Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII   SMP Negeri 2 Gurah materi relasi dan fungsi menggunakan model PBL adalah tinggi  dengan rata-rata presentase skor tes kemampuan berpikir kritis 74,45%, (2) kemampuan berpikir kritis siswa kelas SMP Negeri 2 Gurah materi relasi dan fungsi menggunakan model konvensional adalah rendah dengan rata-rata presentase skor tes kemampuan berpikir kritis 62,16%, (3) ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gurah materi relasi dan fungsi dengan selisih presentase skor tes kemampuan berpikir kritis 12,29%.

 

Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, model Problem Based Learning, relasi dan fungsi


Keyword

Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Relasi dan Fungsi

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Anindyta P. dan Suwarjo. 2014. Pengaruh Problem  Based  Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Regulasi Diri Siswa. Jurnal  Prima  Edukasia. Universitas Katolik Indonesia Atmajaya Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta

 

Arends, Richard. 2008. Learning to Teach.

Penerjemah: Helly Prajitno & Sri Mulyani. New York: McGraw Hill Company.

 

Arikunto, Suharsimi. 1999. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara.

 

Brillian Rosy dan Triesninda Pahlevi. 2015.

Penerapan       Problem       Based

Learning

Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Memecahkan Masalah. Seminar Nasional. Universitas Negeri Surabaya.

 

BSNP. 2006. Standart Isi: Standar Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: BSNP.

 

Desti Haryani. 2011. Membentuk Siswa Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran

Matematika. Seminar Nasional. Universitas

Palangkaraya

 

Dewi  Nuharini  dan  Tri  Wahyuni.  2008.

Matematika (Konsep dan Aplikasi) Untuk

SMP/MTs Kelas VIII, Semarang, Departemen Pendidikan Nasional.

 

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical

Thinking: Sn Outline of Critical

Thinking Dispositions and Abilities. Online.

Tersedia                                      di

 

Lelyani Pramita Sari | 13.1.01.05.0049

FKIP – Pendidikan Matematika

 

http://faculty.education.illinois.ed u/rhennis/documents/TheNatureof CriticalThinking_51711_000.pdf (diakses, 10 Mei 2018)

 

Hayuna, dkk. 2018. Pengaruh Problem- Based Learning (PBL) terhadap

Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian. Pendidikan Geografi- Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

 

Ismaimuza, D. 2013. Kemampuan Berpikir Kritis dan  Kreatif  Matematis Siswa

SMP    Melalui    Pembelajaran    Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Teknologi. Volume 63, Nomor 2, 33. Semarang

 

Dris, J., dan Tasari. 2011. Matematika Jilid

2 untuk SMP dan MTs Kelas 8. Jakarta Pusat Kurikulum Perbukuan  Departemen Pendidikan Nasional.

 

Karim, Normaya. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran

Matematika dengan Menggunakan Model Jumaca di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 1, Halm. 92-104. Universitas Lambung Mangkurat.

Krulik, S dan Rudnick, J.A (1995). The New Sourcebook for Teaching Reasoning

and Problem Solving in Elementary School.

Massachusetts: Allyn & Bacon A Simon & Schuster Company.

 

Litbang    Kemendikbud.    2015.    Survei

Internasional PISA. Tersedia di:

http://litbang.kemendikbud.go.id/index.php

/survei-internasional-pisa/tentang- pisa (diakses, 10 Mei 2018)

 

 Litbang    Kemendikbud.    2015.    Survei

Internasional TIMSS. Tersedia di:

simki.unpkediri.ac.id

|| 9||

 

 

Artikel Skripsi

Universitas Nusantara PGRI Kediri

 

 

http://litbang.kemendikbud.go.id/index.php

/survei-internasional-pisa/tentang- timss (diakses, 10 Mei 2018)

 

Rahmawati, I. (2016). Analisis Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya. Vol 1, 1112. Universitas Malang.

 

Rusman.  2011.  Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme

Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.

 

Siswadi, 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan

Berpikir  Kritis  Matematis  Siswa  SMA.

Seminar    Nasional.    Universitas

Muhammadiyah Metro.

 

T. Jumaisyaroh, dkk, 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Penelitian.Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan.

 

Widodo, Mohamad Imam, Arifin, Zaenal.

2010.   Modul   Matematika   MTs

Kelas

VIII Semester Ganjil (2011-2012), t.t.p, : CV Utomo.

 

Yatim  Riyanto.  2009.  Paradigma  Baru

Pembelajaran. Jakarta: Kencana.


PUBLISHED

2019-02-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade