ABSTRAK
LELYANI PRAMITA SARI: Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMP Negeri 2 Gurah Tahun Pelajaran 2018/2019, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) tahun 2015 menunjukkan prestasi siswa Indonesia bidang matematika mendapat peringkat 45 dari 50 negara dengan skor 397 membuat peneliti prihatin. Selain itu pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama masih berpusat kepada guru sehingga siswa hanya berperan pasif mendengarkan penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gurah materi relasi dan fungsi menggunakan model Problem Based Learning, (2) menjelaskan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gurah materi relasi dan fungsi menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gurah materi relasi dan fungsi.
Penelitian ini menggunakan desain non-equivalent posttest only control group design. Subyek penelitiannya adalah kelas VIII D sebagai kelas model konvensional dan kelas VIII E sebagai kelas PBL SMP Negeri 2 Gurah yang berjumlah 64 siswa. Setelah dua kelas tersebut diberi perlakukan selanjutnya dua kelas tersebut diberikan tes kemampuan berpikir kritis untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis disetiap kelas.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gurah materi relasi dan fungsi menggunakan model PBL adalah tinggi dengan rata-rata presentase skor tes kemampuan berpikir kritis 74,45%, (2) kemampuan berpikir kritis siswa kelas SMP Negeri 2 Gurah materi relasi dan fungsi menggunakan model konvensional adalah rendah dengan rata-rata presentase skor tes kemampuan berpikir kritis 62,16%, (3) ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gurah materi relasi dan fungsi dengan selisih presentase skor tes kemampuan berpikir kritis 12,29%.
Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, model Problem Based Learning, relasi dan fungsi
DAFTAR PUSTAKA
Anindyta P. dan Suwarjo. 2014. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Regulasi Diri Siswa. Jurnal Prima Edukasia. Universitas Katolik Indonesia Atmajaya Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta
Arends, Richard. 2008. Learning to Teach.
Penerjemah: Helly Prajitno & Sri Mulyani. New York: McGraw Hill Company.
Arikunto, Suharsimi. 1999. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara.
Brillian Rosy dan Triesninda Pahlevi. 2015.
Penerapan Problem Based
Learning
Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Memecahkan Masalah. Seminar Nasional. Universitas Negeri Surabaya.
BSNP. 2006. Standart Isi: Standar Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: BSNP.
Desti Haryani. 2011. Membentuk Siswa Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran
Matematika. Seminar Nasional. Universitas
Palangkaraya
Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni. 2008.
Matematika (Konsep dan Aplikasi) Untuk
SMP/MTs Kelas VIII, Semarang, Departemen Pendidikan Nasional.
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical
Thinking: Sn Outline of Critical
Thinking Dispositions and Abilities. Online.
Tersedia di
Lelyani Pramita Sari | 13.1.01.05.0049
FKIP – Pendidikan Matematika
http://faculty.education.illinois.ed u/rhennis/documents/TheNatureof CriticalThinking_51711_000.pdf (diakses, 10 Mei 2018)
Hayuna, dkk. 2018. Pengaruh Problem- Based Learning (PBL) terhadap
Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian. Pendidikan Geografi- Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Ismaimuza, D. 2013. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa
SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Teknologi. Volume 63, Nomor 2, 33. Semarang
Dris, J., dan Tasari. 2011. Matematika Jilid
2 untuk SMP dan MTs Kelas 8. Jakarta Pusat Kurikulum Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Karim, Normaya. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran
Matematika dengan Menggunakan Model Jumaca di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 1, Halm. 92-104. Universitas Lambung Mangkurat.
Krulik, S dan Rudnick, J.A (1995). The New Sourcebook for Teaching Reasoning
and Problem Solving in Elementary School.
Massachusetts: Allyn & Bacon A Simon & Schuster Company.
Litbang Kemendikbud. 2015. Survei
Internasional PISA. Tersedia di:
http://litbang.kemendikbud.go.id/index.php
/survei-internasional-pisa/tentang- pisa (diakses, 10 Mei 2018)
Litbang Kemendikbud. 2015. Survei
Internasional TIMSS. Tersedia di:
simki.unpkediri.ac.id
|| 9||
Artikel Skripsi
Universitas Nusantara PGRI Kediri
http://litbang.kemendikbud.go.id/index.php
/survei-internasional-pisa/tentang- timss (diakses, 10 Mei 2018)
Rahmawati, I. (2016). Analisis Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya. Vol 1, 1112. Universitas Malang.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme
Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Siswadi, 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan
Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA.
Seminar Nasional. Universitas
Muhammadiyah Metro.
T. Jumaisyaroh, dkk, 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Penelitian.Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan.
Widodo, Mohamad Imam, Arifin, Zaenal.
2010. Modul Matematika MTs
Kelas
VIII Semester Ganjil (2011-2012), t.t.p, : CV Utomo.
Yatim Riyanto. 2009. Paradigma Baru
Pembelajaran. Jakarta: Kencana.