Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kreativitas Belajar Matematika Pada Materi Segiempat Siswa SMP Kelas VII


Author (Penulis)

VITA YULI EKASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0044

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di SMP masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya, suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari kreativitas belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajar pun juga rendah. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti ingin memberikan alternatif pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah model Pebelajaran Treffinger dengan berbantuan alat peraga terhadap kreativitas siswa. Seorang guru dituntut untuk memiliki kemampuan mengembangkan pendekatan dan memilih model yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimanakah proses pembelajaran model pembelajaran Treffinger berbantuan alat peraga terhadap kreativitas belajar matematika siswa pada materi segiempat siswa kelas VII SMPN 2 Kediri. (2) Mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Treffinger berbantuan alat peraga terhadap kreativitas belajar matematika siswa pada materi segiempat siswa kelas VII SMPN 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VII H berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol di SMPN 2 Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, pretest, posttest, lembar kerja siswa, dan lembar observasi siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger berbantuan alat peraga terhadap kreativitas belajar matematika siswa yang tidak berbeda jauh antara pertemuan I, II, dan III antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 61,67% dan 56,67% dan keduanya memiliki kategori cukup baik. (2) Ada pengaruh model Treffinger terhadap kreativitas belajar yang dapat diketahui dari analisis data post test dengan uji ANOVA satu jalan (klasifikasi tunggal) dengan taraf signifikan 5% menunjukan bahwa nilai F , yaitu 10,654 > 3,995887 artinya ada pengaruh model pembelajaran Treffinger berbantuan alat peraga terhadap kreativitas belajar matematika siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-29

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI