Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kreativitas Belajar Matematika Pada Materi Segiempat Siswa SMP Kelas VII
Author (Penulis)
VITA YULI EKASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0044
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa
pembelajaran Matematika di SMP masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan
dominasi pada peran guru. Akibatnya, suasana kelas monoton, pasif, dan
membosankan. Hal tersebut nampak dari kreativitas belajar siswa yang rendah, yang
pada akhirnya hasil belajar pun juga rendah. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti
ingin memberikan alternatif pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah model
Pebelajaran Treffinger dengan berbantuan alat peraga terhadap kreativitas siswa.
Seorang guru dituntut untuk memiliki kemampuan mengembangkan pendekatan dan
memilih model yang efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimanakah proses pembelajaran
model pembelajaran Treffinger berbantuan alat peraga terhadap kreativitas belajar
matematika siswa pada materi segiempat siswa kelas VII SMPN 2 Kediri. (2)
Mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Treffinger berbantuan alat peraga
terhadap kreativitas belajar matematika siswa pada materi segiempat siswa kelas VII
SMPN 2 Kediri.
Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif dengan subyek penelitian siswa
kelas VII H berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G berjumlah
32 siswa sebagai kelas kontrol di SMPN 2 Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga
siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, pretest, posttest, lembar kerja siswa, dan
lembar observasi siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Proses pembelajaran dengan menggunakan
model pembelajaran Treffinger berbantuan alat peraga terhadap kreativitas belajar
matematika siswa yang tidak berbeda jauh antara pertemuan I, II, dan III antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 61,67% dan 56,67% dan keduanya
memiliki kategori cukup baik. (2) Ada pengaruh model Treffinger terhadap kreativitas
belajar yang dapat diketahui dari analisis data post test dengan uji ANOVA satu jalan
(klasifikasi tunggal) dengan taraf signifikan 5% menunjukan bahwa nilai F
,
yaitu 10,654 > 3,995887 artinya ada pengaruh model pembelajaran Treffinger
berbantuan alat peraga terhadap kreativitas belajar matematika siswa.