GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT SISWA SMP KELAS VII DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT BERDASARKAN GENDER


Author (Penulis)

NUURUL FADLIILAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0043

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa pendidikan di Indonesia selalu mengalami perubahan yang bertujuan agar pendidikan semakin maju dan lebih baik. Pendidikan di bangku sekolah khususnya pada mata pelajaran matematika juga terus mengalami perkembangan agar kemampuan dan hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik. Untuk itu maka seorang guru matematika juga perlu memperluas wawasannya agar pengetahuannya bertambah dan dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan dan hasil belajarnya. Pertanyaan penilitian ini adalah (1) Bagaimanakah gaya kognitif Field Independent siswa SMP laki-laki kelas VII dalam memecahkan masalah matematika? (2) Bagaimanakah gaya kognitif Field Independent siswa SMP perempuan kelas VII dalam memecahkan masalah matematika? (3) Bagaimanakah gaya kognitif Field Dependent siswa SMP laki-laki kelas VII dalam memecahkan masalah matematika? (4) Bagaimanakah gaya kognitif Field Dependent siswa SMP perempuan kelas VII dalam memecahkan masalah matematika?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP 2 MUHAMMADIAH Kota Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam dua hari, menggunakan instrumen berupa tes gaya kognitif Group Embedded Figures Test (GEFT), tes pemecahan masalah matematika materi segitiga dan segiempat dan lembar pedoman wawancara. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Siswa SMP laki-laki kelas VII dengan gaya kognitif FI melakukan pemecahan masalah matematika dengan lengkap. (2) Siswa SMP perempuan kelas VII dengan gaya kognitif FI melakukan pemecahan masalah matematika dengan lengkap tetapi kurang yakin. (3) Siswa SMP laki-laki kelas VII dengan gaya kognitif FD melakukan pemecahan masalah matematika dengan tidak lengkap. (4) Siswa SMP perempuan kelas VII dengan gaya kognitif FD melakukan pemecahan masalah matematika dengan lengkap tetapi kurang teliti. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk guru di sekolah dalam menentukan model, metode dan strategi pembelajaran khususnya matematika pada materi-materi tertentu yang diberikan kepada siswa. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk menambah wawasan tentang gaya kognitif siswa terutama dalam kegiatan pemecahan masalah, agar guru dapat membimbing siswa dengan lebih baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-25

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI