PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PENGETAHUAN PROSEDURAL SISWA KELAS VIII DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI SMPN 7 KEDIRI
Author (Penulis)
LULUK KHAMIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0040
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif eksplorasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sample. Subjek penelitian yaitu 2 siswa kelas VIII-H di SMPN 7 Kediri yang memiliki kemampuan sedang. Pengambilan data penelitian dilakukan dua kali dengan instrumen berupa soal tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini yaitu pemahaman konseptual untuk siswa yang memiliki kemampuan sedang diketahui bahwa siswa (1) dapat memahami konsep-konsep matematika, operasi dan hubungan, (2) dapat menyebutkan hakikat dari prinsip-prinsip matematika dan hubungan diantaranya, (3) tidak dapat membuat apa yang bisa dianggap contoh dan apa yang tidak bisa dianggap contoh bentuk Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV), (4) tidak dapat mengekspresikan konsep menggunakan bentuk dan grafik, (5) tidak dapat memodelkan konsep dan menerjemahkannya ke dalam denotasi dan ide, dan pengetahuan prosedural siswa yang memiliki kemampuan sedang diketahui bahwa siswa (1) dapat menentukan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan, (2) dapat mengurutkan suatu tindakan dalam menyelesaikan masalah, (3) tidak dapat menerapkan atau menggunakan simbol, keadaan dan proses untuk menyelesaikan soal meskipun masih ada kesalahan, (4) tidak dapat menjelaskan atau membenarkan satu cara menyelesaikan masalah. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan peneliti yang akan menggunakan instrumen penelitian ini agar membuat soal problem solving yang lebih baik dan benar.