ANALISA KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LUAS PERMUKAAN LIMAS PADA SMP KELAS VIII DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY


Author (Penulis)

IKA LUTFIANA ROHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0039

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penelitian yang dilakukan oleh Wayang Anggareni, dkk (2013) yang dimana menyatakan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan pemahaman konsep tentang materi yang diberikan. Model pembelajaran inquiry disini digunakan untuk menunjukkan bagaimanakah kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan persoalan luas permukaan limas. Sehingga dalam penelitian ini akan menggunakan model pembelajaran Inquiri diharapkan mampu mengembangkan kemampuan penalaran siswa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian yang sudah ditentukan sejak awal penelitian yaitu 4 siswa dari SMP Islam Sultan Agung Plosoklaten, dan terdiri 1 siswa yang memiliki kemampuan penalaran baik, 2 siswa tergolong cukup, dan 1 siswa yang tergolong kurang. Semua subjek terdapat dalam kelas VIII-A tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) Analisa kemampuan penalaran ke-4 siswa dalam menyelesaikan soal luas permukaan limas, dimana SL1 dan SL2 dapat memenuhi 3 indikator untuk SP1 hanya memenuhi 1 indikator, sedangkan SP2 dapat memenuhi ke 5 indikator dengan baik (2) Siswa juga melakukan upaya-upaya yang bisa mereka lakukan untuk menyelesaikan persoalan luas permukaan limas yang diberikan kepada mereka. Siswa terlihat tidak mudah menyerah, siswa juga berusaha untuk mengerjakan sesuai dengan apa yang mereka pahami terhadap soal, walaupun ada beberapa yang menjawab salah dan mengalami kesulitan tetapi mereka berusaha untuk tetap menyelesaikan soal semampu mereka. Sehingga dapat dikatakan bahwa siswa melakukan upaya-upaya sebisa apa yang mereka lakukan.


Keyword

MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY

Reference

Anggareni, N. W., Ristiati & Widiyanti. (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Program Studi Sains, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Singaraja, Indonesia.
Depdiknas. (2004). Penilaian tentang perkebangan anak didik SMP No. 506/C/Kep/PP/2004 tanggal 11 November 2004. Ditjen Dikdasmen Depdiknas, Jakarta.
Depdiknas. (2003). Undang undang RI No. 20. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
Jujun, S. Suriasumantri. (2007). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Pt. Remaja Roskadarya.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade