PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT KELAS VII SMPN 5 KEDIRI


Author (Penulis)

ANA RACHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0037

Abstract

ABSTRAK ANA RACHMAWATI : Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap minat dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada materi operasi bilangan bulat kelas VII SMPN 5 Kediri . Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017.Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa salah satu masalah dalam pembelajaran yaitu kurangnya minat belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa rendah dikarenakan cara guru mengajar hanya menggunakan model pembelajaran konvesional tidak menggunakan model dan media yang menarik, guru hanya sebagai pemberi informasi. Tujuan yang diungkap dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap minat belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada materi operasi bilangan bulat.(2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap prestasi belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada materi operasi bilangan bulat. (3) untuk mengetahui ada korelasi antara minat dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada materi operasi bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif eksperimen ( pretest-posttes only control Design) dengan subyek penelitian siswa SMPN 5 Kediri kelas VII tahun pelajaran 2017/2018. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) model pembelajaran think pair share menggunakan media audio visual berpengaruh terhadap minat belajar. Didasarkan pada uji hipotesis bahwa nilai signifikan signifikansi 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 85,30, sedangkan pada kelas kontrol 80,40. (2) model pembelajaran think pair share menggunakan media audio visual berpengaruh terhadap prestasi siswa. Didasarkan pada uji hipotesis bahwa nilai signifikan 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 80,5, sedangkan pada kelas kontrol 70,3. (3) ada hubungan antara minat siswa dan prestasi belajar. Didasarkan pada uji hipotesis Nilai r hitung sebesar 0,872 (lebih besar dari r tabel yaitu 0,349) mengindikasikan bahwa variabel minat belajar siswa dengan variabel prestasi belajar siswa mempunyai hubungan yang positif dan signifikan.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media Audio Visual terhadap minat dan prestasi belajar siswa pada materi operasi bilangan bulat kelas VII SMPN 5 Kediri . Kata Kunci : Pengaruh, Minat Belajar, Prestasi Belajar, think pair share

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-23

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI