PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KEBERANIAN SISWA SMP PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN


Author (Penulis)

LIA DWI ARINDRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0036

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di SMP saat ini disajikan masih dalam metode ceramah dan searah yang didominasi oleh peran guru. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya keaktifan dan keberanian siswa saat pembelajaran di dalam kelas. Permasalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran peer lesson pada siswa SMP pokok bahasan lingkaran? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan pada siswa SMP selama penerapan strategi pembelajaran peer lesson di dalam kelas? (3) Bagaimana peningkatan keberanian pada siswa SMP selama penerapan strategi pembelajaran peer lesson di dalam kelas?Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian 10 siswa siswi kelas VIII-E UPTD SMP Negeri 2 Wates. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus dua kali pertemuan. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan yaitu RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa yang berupa lembar observasi keaktifan siswa dan lembar observasi keberanian siswa.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan penerapan strategi pembelajaran pembelajaran peer lesson pada siswa SMP pokok bahasan lingkaran dilakukan dengan baik dengan perolehan skor rata-rata 92,85%. (2) Peningkatan keaktifan pada siswa SMP selama penerapan strategi pembelajaran peer lesson di dalam kelas diperoleh dengan kriteria cukup baik dengan perolehan skor rata-rata yaitu 61,62%. (3) Peningkatan keberanian pada siswa SMP selama penerapan strategi pembelajaran peer lesson di dalam kelas diperoleh dengan kriteria cukup baik dengan perolehan skor rata-rata yaitu 61,73%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini saran yang direkomendasikan: (1) Guru matematika hendaknya perlu mengupayakan agar dalam proses belajar mengajar selalu menerapkan suatu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan maupun keberanian siswa di dalam kelas saat pembelajaran. (2) Peneliti perlu membuat perencanaan untuk melakukan metode siklus pembelajaran supaya tidak kesulitan dalam menjalankan penelitian tindakan kelas dan lebih banyak lagi indikator yang dapat ditambahkan dalam penelitian. KATA KUNCI :peer lesson, keaktifan, keberanian, lingkaran.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-24

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI