Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Didukung Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Materi Bangun Ruang Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Siswa Kelas VIII


Author (Penulis)

ISALUNA SANDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0035

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD didukung media gambar pada materi bangun ruang ditinjau dari gaya kognitif (FI dan FD), (2) hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa didukung media gambar pada materi bangun ruang ditinjau dari gaya kognitif (FI dan FD), (3) adanya perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD didukung media gambar dan tanpa didukung media gambar pada materi bangun ruang, (4) adanya perbedaan hasil belajar siswa bergaya kognitif FI dan FD, dan (5) adanya interaksi antara gaya kognitif dan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang. Penelitian ini dilakukan di SMP Dharma Wanita Pare di dua kelas VIII yang berjumlah 47 siswa, pendekatan kuantitatif dengan teknik true experimental design dan desainnya menggunakan pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD didukung media gambar pada materi bangun ruang ditinjau dari gaya kognitif FI baik. Hal ini ditunjukkan nilai statistik thitung yaitu 11,338 sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD didukung media gambar pada materi bangun ruang ditinjau dari gaya kognitif FD kurang. Hal ini ditunjukkan nilai statistik thitung yaitu -5,200, (2) hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa didukung media gambar pada materi bangun ruang ditinjau gaya kognitif kurang. Hal ini ditunjukkan oleh nilai statistik thitung yaitu 0,961 sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa didukung media gambar pada materi bangun ruang ditinjau gaya kognitif kurang. Hal ini ditunjukkan oleh nilai statistik thitung yaitu -2,987, (3) terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD antara didukung media gambar dan tanpa didukung media gambar, (4) terdapat perbedaan hasil belajar siswa bergaya kognitif FI dan FD, dan (5) terdapat interaksi antara gaya kognitif dan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. KATA KUNCI : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Media Gambar, Hasil Belajar, Gaya Kognitif

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI