PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 WATES MATERI HIMPUNAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

YOLANDA TRININGTIAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0033

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dalam mencapai hasil belajar, perlu adanya motivasi dan minat belajar serta memanfaatkan segala potensi yang ada pada diri siswa. Untuk dapat mencapai hasil belajar yang maksimal, siswa harus memiliki motivasi dan minat belajar tinggi terhadap suatu usaha yang dilakukan, sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Apalagi saat ini masih banyak siswa yang kurang dalam memotivasi diri dan menumbuhkan minat pada saat belajar yang seharusnya lebih diperhatikan. Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wates pada materi himpunan? (2) Adakah pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wates pada materi himpunan? (3) Adakah pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wates pada materi himpunan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data pembagian angket (kuesioner) dan tes belajar. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling dengan jumlah 80 responden siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wates. Analisis menggunakan regresi linier sederhana dan berganda dengan aplikasi software IBM SPSS Statistics 23. Simpulan hasil penelitian uji parsial diperoleh : (1) Hasil uji t diperoleh thitung 4,122 dengan signifikansi 0,05 yang berarti ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. (2) Hasil uji t diperoleh thitung 4,677 dengan signifikansi 0,05 yang berarti ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa. (3) Sedangkan secara serempak diperoleh Fhitung sebesar 11,564 dengan signifikansi 0,000. Dengan menggunakan batas signifikansi 0,05 dengan demikian diperoleh hasil yang menyatakan bahwa ada pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, diharapkan (1) Siswa mampu memotivasi diri dan menumbuhkan minat pada saat belajar dengan lebih baik lagi. (2) Tidak hanya siswa, diharapkan seorang guru juga mampu membangun dan mendorong siswa agar dapat memotivasi diri dan menumbuhkan minat belajar lebih baik lagi. (3) Perlu dilakukan penelitian selanjutnya agar dapat mengkaji lebih dalam tentang variabel-variabel lain yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar. KATA KUNCI : motivasi belajar, minat belajar, hasil belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-24

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI