PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY BERBANTU VARIABLE CARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL


Author (Penulis)

SELIANA SINTA RACHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0031

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil penamatan peneliti, bahwa kemampuan pemahaman matematis pada siswa SMP Negeri 2 Kota Kediri pada pembelajaran matematika masih kurang. Akibatnya banyak siswa yang menghindari pelajaran matematika. Permasalahan peneliti adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran knisley berbantu variabel card pada materi PLSV ? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran knisley berbantu variabel card terhadap kemapuan pemahaman matematis pada materi PLSV ? Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Kota Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan dalam dua kali pertemuan, dengan menggunakan instrumen berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, soal kemampuan pemahaman matematis, lembar observasi guru, lembar observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan model pembelajaran knisley berbantu variable card pada materi persamaan linear satu variabel terlaksana dengan kategori baik denan rata-rata 77,96 dan mengalami peningkatan. 2) ada pengaruh model pembelajaran knisley berbantu variable card terhadap kemampuan pemahaman matematis pada materi persamaan linear satu variabel dengan nilai t_hitungdan t_tabel dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan (df) 48 dan dari data hasil analisis diatas dapat diketahui bahwa Sig. (2-tailed) 0,004<0,05, berarti H0 ditolak dan hipotesis kerja (H1) dapat diterima. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan: (1) Model pembelajaran Knisley berbantu variable card dapat dijadikan alternatif model pembelajaran bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk melakukan penelitian pada materi lainnya yang mampu diterapkan dengan berbagai macam model dan media pembelajaran yang lain agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. KATA KUNCI : knisley berbantu variable card, kemampuan pemahaman matematis, persamaan linear satu variabel.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI