PENGARUH KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DENGAN MEDIA BANGUN RUANG PADA MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG KELAS VIII DI SMPN 1 PRAMBON
Author (Penulis)
USI DWI ARSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0030
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi karena kemampuan koneksi matematis siswa di tingkat pendidikan masih belum tertangani akibatnya kemampuan koneksi matematis siswa rendah. Kemampuan terendah ada pada kemampuan koneksi antar topik matematika. Dari masalah tersebut peneliti mencoba menggunakan media pembelajaran untuk membantu siswa dalam penyelesaian masalah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa tanpa menggunakan media bangun ruang pada materi luas permukaan kubus dan balok Kelas VIII di SMPN 1 PRAMBON. (2) Mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan media bangun ruang pada materi luas permukaan kubus dan balok Kelas VIII di SMPN 1 PRAMBON. (3) Mengetahui pengaruh kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan media bangun ruang pada materi luas permukaan kubus dan balok Kelas VIII di SMPN 1 PRAMBON.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen tipe pretest-posttest yaitu dengan memberikan soal sebelum diberi perlakuan dan diberi soal lagi setelah diberi perlakuan. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Prambon. Sampelnya kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol.
Hasil dari penelitian ini adalah rata-rata kelas kontrol sebesar 68,094 meningkat menjadi 78,94. Rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa kelas eksperimen meningkat lebih besar daripada rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dari hasil rata-rata perhitungan kelas eksperimen sebesar 67,656 meningkat menjadi 87,25. Ada pengaruh kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan media bangun ruang pada materi luas permukaan kubus dan balok kelas VIII di SMPN 1 PRAMBON. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan didapatkan thitung sebesar 13,494 sedangkan ttabel menunjukkan sebesar 1,99 maka dapat dinyatakan bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan kemampuan koneksi matematis siswa lebih meningkat dengan menggunakan media bangun ruang.