KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA MATEMATIKA DI KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

ARDIANIKA PUTRI JAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0029

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pengamatan peneliti terhadap laporan hasil studi PISA, bahwa kemampuan penalaran matematis siswa khususnya dalam menyelesaikan soal matematika seperti PISA masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa Indonesia pada hasil studi PISA, menggambarkan masih diperlukannya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Soal-soal berstandar PISA menuntut kemampuan siswa dalam bernalar tentang bagaimana soal itu dapat diselesaikan. Siswa kurang terlatih dalam menyelesaikan soal tidak rutin seperti PISA yang membutuhkan penalaran matematis. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal PISA matematika? (2) Adakah perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII antara SMP Negeri 7 Kediri dan SMP Negeri 8 Kediri dalam menyelesaikan soal PISA matematika?. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VIII, SMP Negeri 7 Kediri diambil 2 kelas yaitu kelas VIII A dan VIII B. Banyak siswa untuk kelas 8A terdiri dari 25 siswa, sedangkan untuk kelas 8C terdiri dari 31 siswa. Subyek penelitian SMP Negeri 8 Kediri diambil 2 kelas yaitu kelas VIII A dan VIII B. Banyak siswa untuk kelas VIII A terdiri dari 30 siswa, sedangkan untuk kelas VIII B terdiri dari 26 siswa. Metode pengumpulan data yaitu tes tertulis. Soal tes sebanyak 5 soal berbentuk uraian dan diadopsi dari soal PISA. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan penalaran siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal PISA matematika termasuk dalam kriteria sangat rendah dengan rata-rata total hasil kemampuan penalaran sebesar 54,46%. (2) Tidak ada perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara SMP Negeri 7 Kediri dan SMP Negeri 8 Kediri dalam menyelesaikan soal PISA matematika. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan soal PISA matematika dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa, jika siswa rutin diberikan latihan soal seperti PISA. Oleh sebab itu, kiranya sekolah memiliki gambaran tentang kemampuan penalaran matematis dari siswanya dan termotivasi untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis setiap siswa yang ada.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-24

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI