PENGEMBANGAN MODUL GEOMETRI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS VIII
Author (Penulis)
AHMAD MARZUQI MAKSUN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0017
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran matematika masih banyak menggunakan metode klasikal. Sehingga pembelajaran terasa monoton dan tidak sedikit siswa kurang semangat dalam belajar, utamanya belajar mandiri.
Permasalahan penelitian ini adalah mengenai kelayakan modul geometri berbasis multimedia interaktif. Jika modul geometri berbasis multimedia interaktif layak digunakan, maka diharapkan modul ini dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan semangat belajar mandiri siswa.
Penelitian pengembangan ini mengacu pada model 4-D (define, design, develop, disseminate). Namun karena keterbatasan peneliti, pada penelitian ini dibatasi hanya sampai 3 tahap, untuk tahap 4 tidak dilaksanakan.
Kelayakan modul geometri berbasis multimedia interaktif didasarkan pada tiga kriteria (valid, praktis, dan efektif). Kriteria valid dapat dilihat dari hasil validasi yang dilakukan oleh Ahli Multimedia (87,2%), validasi materi (88,9%) dan validasi soal (90,4%) oleh Dosen Matematika dan Guru Matematika SMP/MTs. Kriteria praktis dapat dilihat dari hasil lembar respon siswa (85,9%) dan lembar observasi siswa yang menunjukkan seluruh siswa tertarik dengan modul multimedia interaktif. Sedangkan kriteria efektif dapat dilihat dari hasil penilaian Guru Matematika SMP/MTs (80%), dan hasil evaluasi siswa yang menunjukkan 28 dari 32 siswa mencapai KKM. Jika persentase tersebut diinterpretasikan, modul geometri berbasis multimedia interaktif dikategorikan layak untuk digunakan.