PROSES BERPIKIR ALJABAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI GENDER
Author (Penulis)
LAILATUL BADRIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0014
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa matematika di Indonesia sering
mengalami perubahan dan juga dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit. Ditambah lagi matematika
adalah pelajaran yang harus ada di semua jenjang pendidikan. Oleh karena itu pentingnya mata
pelajaran matematika membuat siswa mengalamai kesulitan belajar. Adapun kesulitan yang dihadapi
siswa salah satunya adalah menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi SPLDV. Dalam
materi ini siswa dituntut mahir mengolah angka kedalam bentuk simbol yang berupa huruf. Untuk itu
siswa harus memahami konsep penalaran yang melibatkan pembentukan generalisasi dari pengalaman,
memformulasikan ide-ide dengan menggunakan simbol serta mengeksplorasi dari pola dan fungsi.
Pernyataan tersebut sesuai dengan definisi berpikir aljabar yaitu suatu proses berpikir yang
menggunakan suatu representasi kuantitatif dengan cara relasional. Penting untuk guru mengetahui
cara berpikir siswa agar mereka bisa menyiapkan metode pembelajaran yang sesuai. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui siswa laki-laki dan siswa perempuan yang berpikir secara aljabar akan
menyelesaikan masalah matematika yang berupa soal dengan baik. Peneliti menggunakan metode
penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan subjektif. Pertama siswa diberikan soal tes berupa
soal uraian untuk mengetahui proses berpikir aljabar. Kemudian dilakukan wawancara untuk menggali
lebih dalam bagaimana proses berpikir aljabar siswa.