KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SMP KELAS VIII DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA DI SMPN 1 SEMEN
Author (Penulis)
HEVIN AZUSTIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0012
Abstract
ABSTRAK
Hevin Azustiani: Kemampuan Spasial Siswa SMP Kelas VIII Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Di SMPN 1 Semen, Skripsi, FKIP UN PGRI Kediri, 2017.
Kata kunci: kemampuan spasial, kemampuan matematika
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa materi geometri kurang dikuasai oleh sebagian besar siswa. Sedangkan kemampuan spasial siswa sangat berperan penting dalam pembelajaran pada materi geometri. Dengan kemampuan spasial yang baik dapat membantu dalam memahami konsep-konsep matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan spasial siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi (2) mendeskripsikan kemampuan spasial siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang (3) mendeskripsikan kemampuan spasial siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dari SMPN 1 Semen kelas VIII-A dengan jumlah subjek 3 siswa yang ditentukan dengan purposive sampling. Subjek dipilih masing-masing satu siswa berdasarkan tingkat kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. data yang dikumpulkan berupa nilai harian siswa kelas VIII-A, hasil soal tes kemampuan spasial siswa dan wawancara.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) siswa dengan kategori tingkat kemampuan matematika tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan spasial yang peneliti gunakan dalam penelitian ini (2) siswa dengan kategori tingkat kemampuan matematika sedang mampu memenuhi semua indikator kemampuan spasial yang peneliti gunakan dalam penelitian ini (3) siswa dengan kategori tingkat kemampuan matematika rendah mengalami kesulitan untuk memenuhi beberapa indikator kemampuan spasial yang peneliti gunakan dalam penelitian ini.
?