PERBEDAAN PEMBELAJARAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN TEKNIK JARIMATIKA 6-30 PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS VII DI SMPN 1 PUNCU TAHUN2017/2018


Author (Penulis)

DEWI MAYA MARGARETA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0011

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi peneliti, bahwa pembelajaran Matematika masih didominasi oleh aktivitas guru, siswa tidak diberi kesempatan aktif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan monoton dan tidak menarik. Hal ini menyebabkan keaktifan dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan keaktifan siswa antara pembelajaraan model Numbered Heads Together (NHT) dengan teknik jarimatika dan pembelajaraan model Numbered Heads Together (NHT) tanpa teknik jarimatika pada materi pangkat dan akar kuadrat. (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaraan model Numbered Heads Together (NHT) dengan teknik jarimatika dan pembelajaraan model Numbered Heads Together (NHT) tanpa teknik jarimatika pada materi pangkat kuadrat. Penelitian ini menggunakan teknik Quasy Experimental Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VII A dan VII B di SMPN 1 Puncu tahun 2017/2018. Penelitian ini dilakukan dalam tiga kali pertemuan, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes analisis data, yang digunakan adalah independent sample t test. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Berdasarkan hasil analisis uji t diketahui Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,025, maka signifikan. H0 ditolak dan Ha diterima Artinya, ada perbedaan keaktifan siswa antara pembelajaraan model Numbered Heads Together (NHT) dengan teknik jarimatika dan pembelajaraan model Numbered Heads Together (NHT) tanpa teknik jarimatika pada materi pangkat kuadrat.(2) Berdasarkan hasil analisis uji t diketahui Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,025, maka signifikan. H0 ditolak dan Ha diterima Artinya, ada perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaraan model Numbered Heads Together (NHT) dengan teknik jarimatika dan pembelajaraan model Numbered Heads Together (NHT) tanpa teknik jarimatika pada materi pangkat kuadrat. Kesimpulan dari peneliti,salah satu komponen yang penting dalam pembelajaran adalah pemilihan model dan media yang tepat sesuai dengan kondisi kelas yang ada. pembelajaraan model Numbered Heads Together (NHT) dengan teknik jarimatika menciptakan kegiatan belajar yang aktif, menyenangkan dan merata karena pendidik dan peserta didik dapat aktif berinteraksi secara langsung sehingga dapat berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-03-29

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI