IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN QUATUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 WATES DALAM PEMECAHAN MASALAH HIMPUNAN


Author (Penulis)

NOVA PUSPITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0005

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa Selama ini dalam proses belajar dan mengajar cenderung didominasi oleh guru dan informasi hanya berjalan satu arah dari guru ke siswa, sehingga siswa cenderung pasif. Selain itu hasil belajar siswa juga belum memuaskan, untuk itu di sekolah perlu disusun suatu strategi pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa. Strategi tersebut diantaranya meliputi pemilihan pendekatan, metode atau model pembelajaran. Dengan implementasi model pembelajaran yang tepat, dapat pula mempermudah meningkatkan hasil belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran Quantum pada siswa SMP Negeri 2 Wates dalam pemecahan masalah himpunan? (2) Apakah implementasi model pembelajaran Quantum dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Wates dalam pemecahan masalah himpunan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Kuantitatif dengan sampel penelitian siswa kelas VII-H SMP Negeri 2 Wates. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak empat pertemuan, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, soal tes 1 dan soal tes 2. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Implementasi model pembelajaran Quantum pada siswa SMP Negeri 2 Wates dalam pemecahan masalah himpunan dari aktivitas guru dilakukan dengan baik dengan perolehan rata-rata sebesar 84%. Sedangkan dari aktivitas siswa kurang baik yaitu dengan perolehan rata-rata sebesar 45%. (2) Implementasi model pembelajaran Quantum dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Wates dalam pemecahan masalah himpunan dengan perolehan signifikan sebesar 0,0015. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Guru dapat menerapkan model pembelajaran Quantum untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Siswa mampu berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. (3) Peneliti lain dapat mengujicobakan pada materi lainnya dengan mempertimbangkan kesesuaiannya. KATA KUNCI : quantum, hasil belajar, pemecahan masalah, himpunan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-24

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI