EFEKTIVITAS STRATEGI PERMAINAN SIRKUIT MATEMATIKA UNTUK MENGATASI MATH ANXIETY SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR
Author (Penulis)
ESTY AMBAR KUSUMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0003
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa peserta didik SMP Negeri 8 Kediri masih banyak siswa yang mengalami math anxiety pada pembelajaran matematika. Akibatnya, siswa menghindari pelajaran matematika. Hal tersebut nampak dari math anxiety pada siswa ada yang mencapai kategori rendah, sedang, ataupun tinggi.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan strategi permainan sirkuit matematika pada pembelajaran matematika materi bangun datar? (2) Apakah penerapan strategi permainan sirkuit matematika efektif dalam mengatasi math anxiety siswa SMP pada pembelajaran matematika materi bangun datar?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VII – K SMP Negeri 8 Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan dalam dua kali pertemuan, dengan menggunakan instrumen berupa angket math anxiety siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan lembar wawancara siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Guru dapat menerapkan strategi permainan sirkuit matematika pada pembelajaran matematika materi bangun datar dengan sangat baik dan persentase secara keseluruhan adalah 82,14%. (2) Melalui penurunan total skor angket math anxiety pada pembelajaran matematika dan angket math anxiety dengan strategi permainan sirkuit matematika, dan lembar aktivitas guru dikategorikan sangat baik dengan persentase ? 62,50%, penerapan strategi permainan sirkuit matematika efektif dalam mengatasi kecemasan matematika pada pembelajaran matematika materi bangun datar.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Guru dapat menerapkan strategi yang menyenangkan dalam proses pembelajaran berlangsung di kelas dan guru dapat menggunakan alat bantu mengajar yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan untuk mengatasi math anxiety siswa pada pembelajaran matematika. (2) Siswa berperan aktif dalam kegiatan belajar dengan strategi yang menyenangkan.