PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN (STUDI PADA SISWA KELAS X APK A SMK QUEEN AL-FALAH MOJO)


Author (Penulis)

FERA TRI JANUWARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.04.0115P

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN (STUDY PADA SISWA KELAS X APK SMK QUEEN AL FALAH MOJO) ABSTRAK Fera Tri Januwarti: Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran (Studi pada Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Queen Al Falah Mojo), Skripsi, PE, FKIP UNP KEDIRI, 2017 Penelitian ini dilatar belakangi karena Permasalahan yang terjadi pada kelas Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Queen Al Falah Mojo adalah partisipasi dari para siswa masih kurang, pembelajaran masih berpusat pada guru dan aktivitas siswa masih rendah dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran, sehingga hasil belajar siswa masih belum maksimal. Selama ini peneliti menerapkan metode pembelajaran yang cukup baik, yaitu ceramah dan tanya jawab, akan tetapi dalam pembelajaran belum menunjukkan adanya aktivitas dan partisipasi yang tinggi dari para siswa, padahal pada Kurikulum 2013 menuntut pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered active learning), di mana siswa dituntut untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga perlu dilakukan perbaikan, terutama dalam proses pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh peneliti adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu dengan menggunakan tindakan berupa penerapan pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Kedua ahli ini memandang komponen sebagai langkah dalam siklus, keduanya menyatukan komponen tindakan dan observasi sebagai kesatuan yang kemudian dijadikan refleksi untuk tindakan selanjutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana paparannya berisi tentang keterlaksanaan penerapan pembelajaran dengan menggunakan Pembelajaran Model Problem Based Learning, aktivitas dan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran yang berjumlah 21 siswi pada Kompetensi Dasar Menyelenggarakan Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran di SMK Queen Al Falah Mojo Kesimpulan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Keterlaksanaan proses pembelajaran pada siklus I rata-rata ketercapaiannya sebesar 61,67%, siklus II 76,67% dan pada siklus III ketercapaiannya sebesar 91,67%. 2) Keaktifan kegiatan belajar mengajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Queen Al-Falah Mojo yaitu secara keseluruhan pada siklus I persentase rata-ratanya sebesar 70,48%, 79,05% pada siklus II dan meningkat sebesar 86,67% pada siklus III. 3) Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata nilai tes 74,10, prosentase ketuntasan sebesar 57,14%, siklus II nilai tes meningkat menjadi 78,67, prosentase ketuntasan sebesar 61,90%., dan meningkat pada siklus III nilai rata-rata nilai tes 84,00, prosentase ketuntasan sebesar 85,71%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI