EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PENERIMAAN PAJAK REKLAME DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA KEDIRI TAHUN 2012-2016
Author (Penulis)
DIAN AGUSTIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.04.0096
Abstract
Abstrak
Dian Agustin:Efektivitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Reklame dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Kediri Tahun 2012-2016, Skripsi, Pendidikan Ekonomi, FKIP UN PGRI Kediri, 2017.
Penelitian ini dilatarbelakangioleh pentingnya peran PAD terhadap kelangsungan kegiatan pembangunan dan pembiayaan dalam pemerintahan daerah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) efektivitas pemungutan pajak reklameyang terdaftar pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Kediri dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), (2) kontribusi pemungutan pajak reklame yang terdaftar pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Kediri dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto, dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari data pajak reklame dan pedapatan asli daerah periode 2012-2016 yang di dapat dari Dinas Pendapatan Asli Daerah KotaKediri.
Hasil peneitian menunjukkan bahwa efektivitas pajak reklame di Kota Kediri terhadap PAD belum bisa dikatakan efektif karena penerimaannya mengalami naik turun.Kemudian, kontribusi pajak reklame di Kota Kediri terhadap PAD selalu mengalami ketidakstabilan dan mengakibatkan kontribusi penerimaan pajak daerah sangat kecil.Kontribusi terbesar dari komponen pajak reklame adalah reklame megatron dengan rata-rata 0,74% per tahunnya, sedangkan kontribusi yang paling kecil dari komponen pajak reklame adalah reklame stiker yakni sebesar 0,01% per tahunnya.
Rekomendasi untuk penelitian ini adalah adanya sanksi yang tegas dengan penurunan dan pembongkaran reklame yang tak berijin dan meningkatkan SDM dan SDA yang berada di Kota Kediri untuk menghasilkan PAD yang optimum. DPPKAD mengkaji ulang tarif pajak reklame agar tidak ada lagi wajib pajak yang keberatan untuk membayar.
Kata kunci: Efektivitas, Kontribusi, Pajak Daerah, Pajak Reklame, dan
Pendapatan Asli Daerah.