MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) DAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA TARUNA-TARUNI KELAS XI TEKNIKA KAPAL NIAGA A SMK PELAYARAN HANG TUAH KEDIRI SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2017/2018
Author (Penulis)
AVIDATUL JANUAR RO'IFA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.04.0094
Abstract
ABSTRAK
Avidatul Januar Ro’ifa: Meningkatkan kreativitas dan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan menggunakanmodel pembelajaran kooperatif tipe mind mapping (peta pikiran) dan metode pembelajaran demonstrasi pada Taruna-Taruni kelas XI Teknika Kapal Niaga A SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 Skripsi, PE, FKIP UNP KEDIRI, 2017
Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan pada kelas XI Teknika Kapal Niaga A SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri yaitu pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan rendahnya kreativitas sehingga hasil belajar Taruna-Taruni masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketercapaian penerapan model pembelajaran koopertaif tipe mind mapping (peta pikiran) dan metode pembelajaran demonstrasi dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu dengan menggunakan tindakan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping (peta pikiran) dan metode pembelajaran demonstrasi. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian tindakan kelas ini di lakukan di kelas XI Teknika Kapal Niaga A SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri semester ganjil tahun ajaran 2017/2018.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Keterlaksanaan proses pembelajaran pada siklus I rata-rata ketercapaiannya sebesar 54,44%, siklus II 81,39% dan pada siklus III ketercapaiannya sebesar 94,44%. 2) peningkatan kreativitas dalam kegiatan belajar mengajar Taruna-Taruni kelas XI Teknika Kapal Niaga A SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri yaitu secara keseluruhan pada siklus I persentase rata-ratanya sebesar 58,77%, 67,54% pada siklus II dan meningkat sebesar 87,77% pada siklus III. 3) Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata nilai tes 72,94, prosentase ketuntasan sebesar 47,37%, siklus II nilai tes meningkat menjadi 77,11, prosentase ketuntasan sebesar 68,42%., dan meningkat pada siklus III nilai rata-rata nilai tes 82,31, prosentase ketuntasan sebesar 84,22%. Implikasi penelitian ini mampu menambah pengetahuan sebagai dasar pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping (peta pikiran) dan metode pembelajaran demonstrasi.
KATA KUNCI: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping, Metode Demonstrasi, Kreativitas ,Hasil Belajar