ANALISIS PERBANDINGAN PENENTUAN HARGA JUAL MENGGUNAKAN METODE MULTIPLE UNIT PRICING DENGAN METODE COMPETITIVE PRICING DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN


Author (Penulis)

YULI SELVIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.04.0091

Abstract

Abstrak Yuli Selviyanti: Analisis Perbandingan Penentuan Harga Jual Menggunakan Metode Multiple Unit Pricing dengan Metode Competitive Pricing Dalam Meningkatkan Volume Penjulan Pada UD. Tegar Jaya, Skripsi, Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi untuk meningkatkan volume penjualan pada UD. Tegar Jaya dengan analisis perbandingan penentuan harga jual menggunakan metode multiple unit pricing dan metode competitive pricing. Dalam penelitian ini mengguakan dua veriabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah penentuan harga jual, sedangkan variabel terikat adalah volume penjualan. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah expost facto, sedangkan pendekatan yang yang digunakan adalah kuantitatif. Analisis data menggunakan data harga pokok dan biaya-biaya produksi, administrasi dan umum tahun 2014, 2015, 2016 untuk menghitung harga jual dan data volume penjualan untuk menghitung perbandingan penjualan. Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa untuk penjualan UD.Tegar Jaya 1 yang menggunakan metode multiple unit pricing tahun 2014 yaitu Rp 1.596.289.864, tahun 2015 yaitu Rp 1.713.540.325, tahun 2016 yaitu Rp 1.765.812.286. Penjualan UD.Tegar Jaya II yang menggunakan metode competitive pricing tahun 2014 yaitu Rp 1.595.345.856, tahun 2015 yaitu Rp 1.662.755.346, tahun 2016 yaitu Rp 1.737.354.424, maka dengan menggunakan metode multiple unit pricing penjualan dapat meningkat setiap tahunnya karena konsumen dapat mendapatkan harga diskon untuk pembelian banyak dan metode tersebut dapat lebih baik dan efiien dari pada penjualan dengan metode competitive pricing. Dari penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan penentuan harga jual menggunakan metode multiple unit pricing dapat digunakan untuk meningkatkan volume penjualan pada UD.Tegar Jaya. Kata kunci: Harga Jual, Metode Multiple Unit Pricing, Metode Competitive Pricing, Volume Penjualan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-08

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI