ANALISIS EARNING PER SHARE DAN PRICE EARNING RATIO UNTUK MENILAI KEWAJARAN HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2012-2016


Author (Penulis)

OVI DAMAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.04.0037

Abstract

ANALISIS EARNING PER SHARE (EPS) DAN PRIE EARNING RATIO (PER) UNTUK MENILAI KEWAJARAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2012-2106 Ovi Damayanti 13.1.01.04.0037 FKIP – Prodi Pendidikan Ekonomi Email: Ovi.yanti12@yahoo.com Dr. M. Muchson, S.E., M.M dan Hestin Sri W, S.Pd., M.Si UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi karena untuk memperoleh return saham dapat diwujudkan dengan mengadakan analisis yang berkaitan dengan investasi dalam saham. Dalam hal ini investor dapat mempertimbangkan dan melakukan penilaian terhadap saham yang dapat memberikan keuntungan yang optimal dalam melakukan keputusan investasi. Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran kepada para investor mengenai perhitungan dalam menilai kewajaran harga saham dan menentukan keputusan investasi berdasarkan analisis Earning Per Share dan Price Earning Ratio pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman.yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016. Pendekatan penlitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel adalah simple random sampling method. Dari 14 populasi perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia diambil sebanyak 10 perusahaan. penelitian ini menggunakan analisis Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) untuk menghitung kewajaran harga saham pada perusahaan. dan menggunkan metode penelitian expost facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data dengan cara pemcatatan data yang bersumber dari referensi yang berkaitan dengan penelitian. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan analisis Earning Per Share pada tahun 2013 perusahaan manufaktur mengalami kenaikan sebesar 7.405% kemudian pada tahun 2016 nilai rata-rata Earning Per Share mengalami penurunan sebesar 197%. Kemudian hasil perhitungan analisis Price Earning Ratio pada tahun 2013 perusahaan manufaktur mengalami kenaikan sebesar 47% hal ini menunjukkan bahwa pasar mengharapkan pertumbuhan laba di masa mendatang. Pada tahun 2014 nilai rata-rata Price Earning ratio mengalami penurunan sebesar 19% namun pada tahun 2016 Price Earning ratio mengalami kenaikan yang tidak terlalu besar yaitu sebesar 22%. Kata Kunci : Earning Per Share, Price Earning Ratio, Kewajaran Harga Saham

Keyword

earning per share, price earning ratio dan nilai saham

Reference


PUBLISHED

2018-02-19

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade