PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP WAWASAN BERNEGARA SISWA KELAS X SMK PGRI 4 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

WASI';UL KHORIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.03.0003

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa yang disebabkan oleh berbagai hal salah satunya adalah sulitnya siswa memahami materi secara mandiri, rendahnya pengetahuan siswa terhadap kebermanfaatan materi dalam kehidupan nyata,sulitnya siswa dalam memahami dan menganalisis pemecahan masalah. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa masih rendah. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization terhadap wawasan bernegara siswa ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian bentuk one-group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X SMK PGRI 4 Kediri Tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 30 siswa. Intrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, dan tes berupa Angket wawasan bernegara siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization terhadap wawasan bernegara siswa dibandingkan dengan yang tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Dengan persentase nilai Asymp. sig.(2-tailed) 0,000 dapat diketahui bahwa dengan nilai sig.(2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI