PENGARUH METODE DEBAT TERHADAP CIVIC SKILL POKOK BAHASAN HAK WARGA NEGARA DALAM PROSES DEMOKRASI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X SMK PGRI 4 KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

DIYAN SRI WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.03.0001

Abstract

Abstrak DIYAN SRI WAHYUNI : Pengaruh Metode Debat Terhadap Civic Skill Pokok Bahasan Hak Warga Negara Dalam Proses Demokrasi Siswa Kelas X SMK PGRI Kota Kediri, Skripsi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci : metode debat, terhadap civic skill, hak warga negara dalam proses demokrasi. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMK masih didominasi sistem pembelajaran konvensional, seperti ceramah. Akibatnya siswa menjadi kurang aktif karena pembelajaran kurang menarik sehingga siswa merasa cepat bosan, dan mengantuk. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah ada perbedaan civic skill sebelum dan sesudah menggunakan metode debat pada siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun 2016 – 2017? (2) Apakah ada perbedaan civic skill sebelum dan sesudah menggunakan metode ceramah pada siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun 2016 – 2017? (3) Apakah ada perbedaan civic skill sesudah menggunakan metode debat dengan metode ceramah pada siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun 2016 – 2017? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan dan membuktikan secara empiris melalui eksperimen, perbedaan civic skill sebelum dan sesudah menggunakan metode debat pada siswa SMK kelas X. (2) untuk mendeskripsikan dan membuktikan secara empiris melalui eksperimen, perbedaan civic skill sebelum dan sesudah menggunakan metode ceramah pada siswa SMK kelas X. (3) untuk mendeskripsikan secara empiris melalui eksperimen, perbedaan civic skill sesudah menggunakan metode debat dengan metode ceramah siswa SMK kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPP dan soal tes. Pengambilan data berupa soal pre tes dan pos tes sebanyak 8 soal uraian. Metode pengujian hipotesis dengan menggunakan Paired sample test dan independent sample test. Berdasarkan hasil simpulan penelitian didapatkan hasil sebagai berikut : (1) ada perbedaan civic skill sebelum dan sesudah menggunakan metode debat pada siswa SMK kelas X. Hasil perhitungan sig.2-tailed didapatkan hasil 0,000 < 0,05 dan 0,001 < 0,01 sehingga Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara civic skill sebelum dan sesudah menggunakan metode debat. (2) ada perbedaan civic skill sebelum dan sesudah menggunakan metode ceramah pada siswa SMK kelas X. Hasil perhitungan sig.2-tailed didapatkan hasil 0,000 < 0,05 dan 0,001 < 0,01 sehingga Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara civic skill sebelum dan sesudah menggunakan vi metode ceramah. (3) ada perbedaan civic skill sesudah menggunakan metode debat dengan metode ceramah pada siswa SMK kelas X. Dari hasil perhitungan, taraf signifikan 5% nilai t hitung ini 2.227 berarti lebih besar dari t-tabel 2.0017 (2.227>2.0017 ) dengan demikian ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan civic skill sesudah menggunakan metode debat dengan metode ceramah. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) untuk meningkatkan mutu pendidikan, guru harus meningkatkan kompetensi sebagai tenaga pendidik. Sebaiknya guru melakukan perubahan dengan menggunakan model dan metode yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Salah satunya dengan metode debat sangat cocok digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan aktif. (2) dengan menggunakan metode debat dapat terjalin interaksi siswa satu dengan yang lainnya pada saat mengerjakan tugas secara kelompok, dan pengetahuan siswa akan isu-isu politik semakin meningkat. Hal ini menjadikan suasana kelas menjadi menyenangkan dan siswa akan lebih banyak aktif dan tertarik pada pelajaran yang disampaikan. Selain itu memungkinkan guru mengguasai keadaan kelas dengan baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI