Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Kemampuan Menganalisis Proses Masuk Dan Berkembangnya Penjajahan Bangsa Barat Di Indonesia Pada Kelas XI SMK TI Pelita Nusantara Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

YONGKY BAGUS SAPUTRO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.02.0014

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi melalui hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Sejarah di Sekolah masih tergolong pembelajaran yang penerapannya di bidang sosial masih rendah. Selain itu suasana belajar siswa di dalam kelas masih tergolong pasif, enggan, dan kurang adanya interaksi. Sehingga kemampuan siswa masih sangat kurang dalam berpikir secara logis, kritis, dan kreatif. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran ekspositori terhadap pencapaian KKM kemampuan menganalisis prosek masuk dan berkembangnya penjajahan bangsa barat di Indonesia pada kelas XI SMK TI Pelita Nusantara kota Kediri? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran example non example terhadap pencapaian KKM kemampuan menganalisis prosek masuk dan berkembangnya penjajahan bangsa barat di Indonesia pada kelas XI SMK TI Pelita Nusantara kota Kediri? (3) Adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran example non example terhadap kemampuan menganalisis prosek masuk dan berkembangnya penjajahan bangsa barat di Indonesia pada kelas XI SMK TI Pelita Nusantara kota Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas XI SMK TI Pelita Nusantara. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan, menggunakan instrumen berupa Silabus, RPP, lembar observer peneliti, dan tes hasil belajar siswa. Selanjutnya adalah melakukan uji t. Uji t yang digunakan ada dua macam yaitu paired sample t-test untuk menguji hipotesis 1 dan 2, berikutnya independent sample t-test untuk menguji hipotesis 3. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Pengaruh model pembelajaran ekspositori secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas eksperimen 1 (XI-RPL) dengan rata-rata sebesar 61,19 dengan mengalami peningkatan rata-rata sebesar 78,69 terhadap materi kemampuan menganalisis proses masuk dan berkembangnya Penjajahan Bangsa Barat di Indonesia (2) Pengaruh model pembelajaran example non example secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas eksperimen  (XI-TKJ) dengan rata-rata sebesar 61,29 dengan mengalami peningkatan rata-rata sebesar 80,00 terhadap materi kemampuan menganalisis proses masuk dan berkembangnya Penjajahan Bangsa Barat di Indonesia. (3) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara siswa yang di ajar dengan model pembelajaran ekspositori dan model pembelajaran example non example terhadap kemampuan menganalisis proses masuk dan berkembangnya Penjajahan Bangsa Barat di Indonesia kelas XI SMK TI Pelita Nusantara kota Kediri. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan perolehan nilai rata kelas eksperimen sebesar 80,00 > nilai rata kelas kontrol sebesar 78,69.


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2014.  Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak

Buku panduan DIKNAS 2013, halaman 69-79

Hamdani, M.A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

I gde widja. 1991. Sejarah lokal suatu perspektif dalam pengajaran sejarah. Bandung: angkasa.

Indsejarah.net. 2016. Sejarah Penjajahan Belanda di Indonesia. ww.idsejarah.net/2016/10/sejarah penjajahan-belanda-di-indonesia.html (diunduh 11 april 2018)

______. 2016. Sejarah Penjajahan Inggris di Indonesia. ww.idsejarah.net /2016/10/ sejarah-penjajahan-belanda-di indonesia.html (diunduh 11 april 2018)

Insulinda. 2015. Penjajahan Bangsa Portugis dan Spanyol di Indonesia. https://insulinda. wordpress.com /2015/09/08/penjajahan-bangsa-portugis-dan spanyol-di- indonesia/ (diunduh 11 april 2018)

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bhineka Cipta.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2006,   Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendekatan (Pendekatan Kwantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabet.

Trianto. 2017. Model-model pembelajaran inovatif. Jakarta: grasindo

Widyatun. Diah.2012. Model Pembelajaran Example Non Example. Online. Tersedia di: http:// jurnal bidan diah blogspot/com 25-06-2016.

Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif).Bandung: Yrama Widya.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI