HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENGELOLAAN EMOSIONAL SISWA DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

SUYONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0264

Abstract

ABSTRAK Suyono, Hubungan Kemampuan Pengelolaan Emosional Siswa Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Bimbingan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. kata kunci : kemampuan pengelolaan emosional, perilaku bullying Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa bentuk perilaku bullying yang dilakukan siswa di SMKN 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung adalah physical bullying dan verbal bullying. Oleh karena itu diperlukan sebuah upaya pencegahan perilaku bullying tersebut oleh guru bimbingan konseling. Permasalahan penelitian ini adalah; adakah hubungan antara kemampuan pengelolaan emosional siswa dengan perilaku bullying pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Boyolangu yang berjumlah 291 siswa. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa, menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah angket yang terdiri; angket pengelolaan emosional dan perilaku bullying. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan antara kemampuan pengelolaan emosional siswa dengan perilaku bullying pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016.Hal ini ditunjukan dari hasil rhitung ? rtabel atau 1,161 ? 0,361. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan; bagi siswa diharapkan dapat mengendalikan tingkat emosi yang berlebihan agar tidak terjadi perilaku bullying dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian serupa atau dengan menambahkan variabel lainnya atau dengan mempergunakan layanan sebagai upaya untuk mengetahui hubungan perilaku bullying di sekolahan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI