HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VII DI SMP KRISTEN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MERIANTI ANITA SELAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0256P

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalamn peneliti, bahwa prokrastinasi akademik yang dilakukan siswa di SMP Kristen Sendang Tulungagung disebabkan beberapa hal seperti: sibuk atau banyak kegiatan lain (50%), kurang memahami tugas (28%), malas (16%), dan menunggu batas akhir pengumpulan tugas (6%). Menunda mengerjakan tugas, menunjukkan bahwa para siswa belum dapat mengelola waktu belajar dengan baik. Indikatornya adalah tidak memiliki jadwal belajar yang tetap terhadap dirinya dan hanya 12% siswa yang mengerjakan tugas pada hari yang sama dengan tugas diberikan. Sisanya, 84% siswa yang mengerjakan tugas pada malam menjelang tugas dikumpulkan. Berdasarkan gejala-gejala diatas prokrastinasi akademik akan menjadi masalah serius dan mengakibatkan terjadinya penurunan prestasi akademik. Permasalahan adalam penelitian ini adalah: adakah hubungan konsep diri dengan prokrastinasi akademik siswa kelas VII di SMP Kristen Sendang Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian ex post facto artinya penelitian yang dilakukan setelah suatu kejadian itu terjadi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Kristen Sendang Kabupaten Tulungagung, yang berjumlah 126 siswa. Sampel penelitian adalah 33 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan konsep diri dengan prokrastinasi akademik siswa kelas kelas VII SMP Kristen Sendang Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukan dari rhitung ? rtabel (0,621 > 0,344) dengan demikian maka hipotesis alternatif Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasika saran-saran diantaranya; bagi siswa dapat mengatur waktu dan mengelola diri dengan tidak mengesampingkan kewajiban utama siswa yaitu belajar sehingga terwujud tujuan prestasi yang dicapai, saran bagi konselor atau guru bimbingan konseling diharapkan dapat membantu siswa mengatasai prokrastinasi akademik dengan memberikan layanan secara individu atau kelompok dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian serupa atau dengan menabahkan variabel lainnya. yang berkaitan dengan konsep diri dan prokrastinasi akademik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI