Efektivitas Konseling Kelompok Realitas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI-B Di MA MIFTAHUL HUDA Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

ASHARUL MA';ARIF
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0254

Abstract

FKIP-Bimbingan dan Konseling Email: herubk46@gmail.com Dr. Hj. Sri Panca Setyawati, M. Pd. dan Galang Surya Gumilang, M. Pd. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil wawancara dengan guru BK di MA MIFTAHUL HUDA kab. Kediri, bahwa diantara peserta didik masih terdapat siswa yang motivasi belajarnya rendah. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan konseling kelompok realitas untuk meningkatkan motivasi belajar rendah yang dialami oleh siswa kelas XI-B di MA MIFTAHUL HUDA, Kab.Kediri.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI-B di MA MIFTAHUL HUDA di tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 10 siswa kelas XI-B yang memiliki ciri-ciri motivasi belajar rendah. Sampel tersebut kemudian dibagi menjadi 2 (dua) kelompok menjadi, 5 (lima) siswa sebagai kelompok eksperimen dan 5 (lima) siswa lagi menjadi kelompok kontrol. Pembagian sampel menjadi 2 (dua) kelompok, karena sesuai dengan teknik dan pendekatan penelitian yang dipilih oleh peneliti yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Data penelitian ini diperoleh melalui pemberian instrumen skala motivasi belajar kepada masing-masing kelompok yang dijadikan sampel penelitian. Data penelitian ini diperoleh melalui pemberian instrumen skala motivasi belajar kepada masing-masing kelompok yang dijadikan sampel penelitian. Data yang diperoleh tersebut kemudian diuji statistik menggunakan statistik parametris menggunakan uji independent samples t test pada posttest kedua kelompok dan diketahui bahwa thitung sebesar 3,087 dan ttabel sebesar 2,306 pada taraf signifikansi 5% menyatakan bahwa thitung > ttabel (3,087 > 2,306). Karena thitung > ttabel, maka dapat diambil kesimpulan Ha diterima dan H0 di tolak, maka hipotesis yang berbunyi “Konseling kelompok realitas efektif untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas XI-B di MA MIFAHUL HUDA Kab. Kediri” diterima, karena terbukti penerapan konseling kelompok realitas pada kelompok eksperimen lebih baik hasilnya dibandingkan dengan penerapan konseling kelompok biasa yang diterapkan pada kelompok kontrol. Berdasarkan hasil kesimpulan, maka disarankan kepada guru BK agar mengutamakan cara yang efektif untuk pencegahan dan pengentasan masalah motivasi belajar rendah pada siswa, salah satunya dengan menggunakan konseling kelompok realitas. Kata kunci: Konseling Kelompok Realitas, Motivasi Belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-04-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI