HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI DALAM KELUARGA DENGAN TATA KRAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 2 KAUMAN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SUWARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0252

Abstract

ABSTRAK Suwarti: Hubungan Antara Interaksi dalam Keluarga dengan Tata Krama Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci : interaksi dalam keluarga, tata krama Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti bahwa tata krama peserta didik kelas VII SMPN 2 Kauman Tulungagung dalam kategori sedang. Hal ini diketahui dari banyaknya peserta didik yang menggunakan kata-kata yang kurang sopan terhadap guru, peserta didik menggunakan nada yang tinggi (membentak) terhadap guru, menyapa guru dengan sapaan yang kurang sopan, dan lain-lain. Keluarga mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk perilaku anak, dalam hal ini tata krama. Orang tua harus mengajarkan tata krama yang baik pada anak. Permasalahan penelitian ini adakah hubungan antara interaksi dalam keluarga dengan tata krama peserta didik kelas VII SMPN 2 Kauman Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi dalam keluarga dengan tata krama peserta didik kelas VII SMPN 2 Kauman Tulungagung Tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif teknik korelasional dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMPN 2 Kauman Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan jumlah sampel sebanyak 35 siswa. Teknik pengambilan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah teknik proportional random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi product moment pearson (r_xy) melalui program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan interaksi dalam keluarga dengan tata krama siswa kelas VII SMPN 2 Kauman Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan r-hitung sebesar 0,790 dengan r_tabel sebesar 0,329 pada taraf signifikansi 5%. Artinya r-hitung (0,790) > r-tabel (0,329), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, siswa diharapkan memiliki pemahaman diri yang berkaitan dengan interaksi dalam keluarga yang erat kaitannya dan berhubungan dengan tata karma.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI