PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I PLOSOKLATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
DJOKO WALOJO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.01.0251
Abstract
PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL
DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS VII
DI SMP NEGERI I PLOSOKLATEN KEDIRI
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
DJOKO WALOJO
NPM: 13.1.01.01.0251P
FKIP – Bimbingan dan Konseling
Email : jokowaluyo77@gmail.com
Dra. Endang Ragil W.P., M.Pd1 dan Restu Dwi Ariyanto, M.Pd 2
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Djoko Walojo, Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri I Plosoklaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Bimbingan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2017.
Kata kunci: media sosial, prokrastinasi akademik
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti,
bahwa prokrastinasi akademik di siswa SMP Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri tergolong rendah. Berdasarkan informasi hasil survey yang dilakukan guru bimbingan konseling berdasarkan catatan kenakalan siswa oleh siswa kelas VII siswa diketahui bahwa 84% siswa pernah melakukan prokrastinasi, sisanya 16% menaati jadwal belajar dengan tepat waktu. Prokrastinasi akademik yang dilakukan siswa disebabkan beberapa hal, seperti: sibuk atau banyak kegiatan lain (50%) diantaranya disebabkan oleh media sosial seperti facebook, kurang memahami tugas (28%), malas (16%), dan menunggu batas akhir pengumpulan tugas (6%).
Permasalahan dalam penelitian ini ditekankan pada: adakah pengaruh intensitas penggunaan media sosial dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016?.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan media sosial dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian korelasional artinya teknik penelitian yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara dua fenomena atau lebih experimen artinya. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Negeri I Plosoklaten Kabupaten Kediri berjumlah 329 siswa. Sampel penelitian adalah 30 siswa dengan menggunakan teknik purposive sample. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah angket penggunaan media sosial dan prokrastinasi akademik sedangkan uji statistik yang digunakan adalah uji korelasi r product moment.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pengaruh intensitas penggunaan media sosial dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dari hasil rhitung ? rtabel atau 0,028 ? 0,361.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan; bagi siswa. diharapkan dapat mengatur manajemen waktu yang efektif dan disiplin agar terhindar dari penundaan tugas akademiknya, bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian serupa dengan menambahkan variabel lainnya dan bisa merinci secara luas tiap-tiap permasalahan yang dihadapi oleh siswa.