HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

FITRI YUNIASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0246P

Abstract

Abstrak Fitri Yuniastuti, Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Campurdarat Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Bimbingan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci : kecerdasan emosional, komunikasi interpersonal. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa tingkat kecerdasan emosional terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Campurdarat tergolong rendah. Hal ini ditunjukan ketika saat jam kosong dan jam istirahat banyak siswa yang berteriak dan ramai ketika tidak dijaga oleh guru, padahal sudah diberi tugas untuk mengerjakan sesuai yang sudah disampaikan. Selain hal itu saat studi awal yang dilakukan peneliti, menunjukkan bahwa banyak siswa yang berani kepada guru dan dianggap hukuman tidak menjadi efek jera sebab kecerdasan emosional dikelas VIII SMP Negeri 1 Campurdarat Kabupaten Tulungagung sangat kurang karena tingkat komunikasi antara siswa dengan guru tidak terjalin dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Campurdarat Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016 Permasalahan penelitian ini adalah; adakah hubungan antara kecerdasan emosi dengan komunikasi interpersonal siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Campurdarat Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Campurdarat, yang seluruhnya berjumlah 319 siswa. Sampel penelitian berjumlah 31 siswa, dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang dipergunakan sebgai alat pengumpul data adalah angket kecerdasan emosional dan komunikasi interpersonal setelah data terkumpul selanjutnya dilakukan analisa data dengan teknik analisa uji korelasi product moment diperoleh rhitung sebesar 0,999. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Campurdarat Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukan dari hasil rhitung 0,999 ? rtabe0,355. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan; saran bagi siswa hendaknya harus terbuka dan mampu mengolah emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungan dengan siswa atau orang lain sehingga tercipta komunikasi interpersonal yang positif selanjutnya saran untuk konselor atau guru bimbingan konseling hendaknya untuk mengadakan evaluasi terhadap penyelenggaraan bimbingan konseling sehingga dapat melihat maju mundurnya perilaku siswa di sekolahan terutama berkaitan kecerdasan emosional dan komunikasi interpersonal.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI