PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016


Author (Penulis)

LYSSA SUSTININGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0244P

Abstract

ABSTRAK Lyssa Sustinigsih, Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Bimbingan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci : layanan bimbingan kelompok, kemandirian belajar Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa; kemandirian belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Boyolangu tergolong rendah. Hal ini ditunjukan dari perilaku siswa diantaranya; ada beberapa siswa yang kurang menunjukkan kemandirian yang optimal, karena ada yang melalaikan tugas sekolah hal ini terbukti dari catatan keaktifan dari guru kelas. Selanjutnya waktu proses belajar di dalam kelas, masih ada siswa yang bergantung kepada siswa yang lebih pandai ketika guru mengajukan pertanyaan kepada salah satu siswa. Melihat persoalan yang dihadapi, guru di SMK Negeri 2 Boyolangu memberikan penerapan layanan bimbingan kelompok dalam mengajarkan bidang studi kesiswa diharapkan supaya siswa menerima dengan mengerti dan memahami yang diberikan oleh guru. Permasalahan pada penelitian ini adalah adakah pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap kemandirian belajar siswa Kelas X SMK Negeri 2 Boyolangu Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016 ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik one-group pretest-posttest design.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok sedangkan kemandirian siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Boyolangu, berjumlah 121 siswa. Sampel penelitian berjumlah 32 siswa kelas X-TB1, penetapan jumlah sampel peneliti mengacu pada teknik simple random sampling. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap kemandirian belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Boyolangu Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji t diperoleh thitung sebesar 8,14 “lebih besar” dari ttabel dari interval t0,05 dimana pada N=32-1 = 31 menunjukkan nilai sebesar 2,04. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan; saran bagi siswa diharapkan dapat mengikuti layanan bimbingan kelompok sehingga kemandirian belajar siswa dapat meningkat dan bagi lembaga sekolah diharapkan memberikan layanan bimbingan kelompok terutama di lingkungan sekolah supaya lebih terfokus pada pelajaran dan dapat meningkatkan kemandirian belajarnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI