EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SISWA KELAS X APK 1 SMK MUHAMMADIYAH WATULIMO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Author (Penulis)
DWI ARDIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.01.0243
Abstract
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SISWA KELAS X APK 1 SMK MUHAMMADIYAH WATULIMO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DWI ARDIANI
13.1.01.01.0243
FKIP – Prodi Bimbingan Konseling
Email: Dwi.ardiani@yahoo.com
Dra. Khususiyah, M.Pd dan Dra. Endang Ragil WP, M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil wawancara dengan konselor di SMK Muhammadiyah Watulimo, bahwa ditemukan beberapa peserta didik mengalami kecemasan. Peserta didik sering cemas jika ada presentasi di depan kelas. Bahkan untuk menyampaikan pendapat saja malu dan akhirnya memilih untuk diam. Hal ini menyebabkan siswa menjadi pasif dalam kelas dan menyebabkan perkembangan peserta didik menjadi tidak optimal. Keadaan ini juga disampaikan oleh konselor yang mengatakan bahwa siswa yang memiliki kecemasan cenderung diam saat presentasi, karena siswa tersebut merasa malu dan cemas dengan apa yang diutarakan. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimanakah efektifitas bimbingan kelompok teknik psikodrama di SMK Muhammadiyah untuk mengurangi kecemasan swiswa kelas X APK 1 SMK Muhammadiyah Watulimo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 ? Penelitian ini mengunakan pendekatan Penelitian Kuantitatif dengan teknik penelitian one group pretest-posttest. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas X APK 1 SMK Muhammadiyah Watulimo Semester Ganjil Tahun ajaran 2017/2018. Data ketrampilan social peserta didik sebelum dan sesudah pemberian bimbingan kelompok teknik psikodrama diperoleh mengunakan instrument angket.Kesimpilan penelitian ini adalah data pretest dan posttest yang didapat berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Terbukti dari nilai sig. uji normalitas mengunakan motede Kolmogorov-Smirnov maupun Shapiro-Wilk lebih besar dari nilai sig. 5% yakni ? = 0,05. Nilai rata-rata data pretest dan posttest diuji mengunakan Paired Sampel T-Test adalah 1,6066 dengan standar deviasi 15,033 dan diperoleh nilai thitung sebesar 5,854. Yang mana bila dibandingkan dengan t tabel derajat kebebasan ( dk ) 29 sebesar 1,699 adalah lebih besar thitung maka H0 ditolak. Hasil tersebut berarti behwa terdapat perbedaan berkurangnya tingkat kecemasan peserta didik sebelum dan sesudah pemberian perlakuan berupa bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama. Bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama efektif mengurangi tingkat kecemasan peserta didik. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan utama bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama untuk mengurangi tingkat kecemasan peserta didik. Oleh karena itu konselor sekolah diharapkan mampu menerapkannya dalam layanan bimbingan di sekolah. (2) Konselor sekolah masih perlu mempertimbangkan materi apa yang sesuai atau tidak dalam pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama
KATA KUNCI : Psikodrama, Kecemasan