HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN SEKSUALITAS DENGAN TINGKAT MORALITAS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 KOTA BLITAR TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018


Author (Penulis)

KRISTIN WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0242

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti di SMP Negeri 9 
Kota Blitar, beberapa siswa yang masih menunjukan melakukan tindakan amoral dan sebagian besar 
siswa sudah memahami tentang seksualititas. Dengan adanya pemahaman seksualitas sebagai salah 
satu faktor pendukung dalam meningkatkan tingkat moralitas. 
Pemahaman seksualitas didefinisikan sebagai kemampuan individu untuk mengekspresikan 
dorongan seksual yang secara sosial dapat diterima oleh masyarakat luas yang berdasarkan pada aspek 
seksualitas. Tingkat moralitas didefinisikan sebagai kepemilikan perilaku dalam diri seseorang yang 
menunjukan bahwa perbuatan itu benar atau salah dan baik atau buruk. Permasalahan penelitian ini 
adalah (1) Bagaimanakah pemahaman seksualitas siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Blitar? (2) 
Bagaimanakah tingkat moralitas siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Blitar? (3) Adakah hubungan 
antara pemahaman seksualitas dengan tingkat moralitas siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Blitar?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan populasi 289 siswa kelas 
VIII SMP Negeri 9 Tahun Pelajaran 2017/2018 dari 8 kelas dan yang dijadikan sampel adalah 15% 
yaitu berjumlah 48 siswa mengunakan teknik sistematis sampling. Penelitian ini dilaksanakan 
menggunakan instrument angket pemahaman seksualitas dan angket tingkat moralitas. Penelitian ini 
untuk menguji kebenaran hipotesis dan analisis menggunakan korelasi Pearson Product Moment 
dengan bantuan SPSS.
Hasil analisis data menunjukan skor korelasi sebesar 0,997 dan berkorelasi positif. Hal itu 
menunjukan bahwa terdapat korelasi antara variabel hubungan pemahaman seksualitas dengan 
variabel tingkat moralitas. Artinya semakin tinggi pemahaman seksualitas tingkat moralitasnya juga
baik. Jika pemahaman seksualitas siswa meningkat, maka tingkat moralitasnya juga semakin tinggi.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Siswa diharapkan lebih 
meningkatkan pemahaman seksualitasnya. (2) Bagi guru BK disarankan untuk dapat meningkatkan 
layanan secara baik yang menjelaskan pemahaman seksualitas.
KATA KUNCI : Pemahaman Seksualitas, Tingkat Moralitas


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA 
Anwar, Muhammad Fauzi. 2011. 
Pendidikan Seks (Sex 
Education) Sejak 
Dini,(Online), 
(https://dokterkecil.wordpress.c
om/2011/05/30/pendidikan￾seks-sex-education-sejak￾dini...-kenapa-tidak/), diakses 
tanggal 21 September 2017.
Manaf, Mursalin Abdul. 2013. 
Urgensi pendidikan karakter, 
(Online), , diakses tanggal 06 
Agustus 2016.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian 
Kuantitatif, Kualitatif, dan R & 
D. Bandung: Alfabeta


PUBLISHED

2018-08-31

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI