HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MULYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0236

Abstract

Kebiasaan menunda tugas akademik bukanlah hal yang baru di kalangan siswa SMP. Salah satu penyebabnya karena asyik bermain facebook. Intensitas penggunaan media sosial facebook yang tidak diimbangi dengan regulasi diri dan motivasi serta manajemen waktu yang efektif akan menyebabkan aktivitas belajar siswa menurun dan menunda – nunda mengerjakan tugas akademiknya. Hal inilah yang terjadi di SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung. Karena pentingnya masalah tersebut maka peneliti mengkajinya dengan judul “Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Facebook dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah sampel sebanyak 33 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis korelasi Product Momen dengan bantuan SPSS 20 for windows Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan r_hitung sebesar 0,673, jika dibandingkan dengan r_tabel 0,355 maka r_hitung > r_tabel (0,673 > 0,355) dengan taraf signifikansi 5% maka (Ho) ditolak yang artinya ada hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial facebook dengan prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMPN 1 Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan uraian yang telah disebutkan, dapat ditarik kesimpulan bahwa “ada hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial facebook dengan prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung, tahun pelajaran 2015/2016. Artinya semakin tinggi intensitas penggunaan media sosial facebook, semakin tinggi pula prokrastinasi akademik siswa sebaliknya semakin rendah intensitas penggunaan media sosial facebook, semakin rendah pula prokrastinasi akademik siswa. Oleh karena itu diharapkan siswa dapat mengurangi intensitas penggunaan media sosial facebook, para orang tua diharapkan lebih meningkatkan perhatian dan pengawasannya terhadap putra putrinya, selain itu agar lembaga memberikan peraturan yang tegas mengenai penggunaan media sosial facebook terutama di lingkungan sekolah, supaya siswa tidak menunda-nunda tugas akademiknya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian serupa atau dengan menambahkan variabel selanjutnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI