Pengaruh Layanan Bimbingan Sosial Terhadap Sosialisasi Siswa Di Dalam Kelas Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Ngronggot Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016


Author (Penulis)

UMI KHOIROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0235p

Abstract

Abstrak Umi Khoiroh: Pengaruh Layanan Bimbingan Sosial Terhadap Sosialisasi Siswa Di Dalam Kelas Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Ngronggot Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Sosialisasi merupakan hal penting bagi setiap manusia (individu). Karena dengan sosialisasi individu dapat mempelajari sikap, dapat berbuat sesuai dengan harapan-harapan masyarakat, dapat mengerti akan nilai-nilai dan norma-norma. Di samping itu, individu yang gagal mendapatkan kesempatan sosialisasi, dapat gagal pula dalam usaha-usahanya seperti penyesuaian diri dengan norma-norma di masyarakat. Permasalahan pada penelitian ini Adakah pengaruh layanan bimbingan sosial terhadap sosialisasi siswa di dalam kelas pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Ngronggot Kabupaten. nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah tehnik penelitian eksperimen dengan menerapkan one-group pretest-posttest design. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan bimbingan kelompok mengenai materi layanan bimbingan sosial. Peneliti bermaksud memperoleh data mengenai pengaruh layanan bimbingan sosial terhadap sosialisasi siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Ngronggot. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 dari populasi 287. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Dalam teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti sebagai berikut: perencanaan dan penulisan butir soal langkah yang dilakukan dalam tahap ini adalah mendefinisikan konsep variabel (X) dan (Y) yang hendak diukur dan menentukan indikator-indikator untuk dijabarkan menjadi butir item. Selanjutnya uji coba instrumen dikenakan bagi siswa yang nantinya menjadi sampel dalam penelitian ini dengan jumlah responden 64 siswa. Teknik analisis selanjutnya adalah menganalisis data dengan menggunakan uji-t menggunakan SPSS 20.0 for Windows. Dari perhitungan analisis t test didapat hasil t hitung = 17,207 sedangkan kriteria pengujian dengan df = 62 pada table taraf signifikansi 5% adalah = 0, 678 atau dapat ditulis 17,207 > 0,678. Sehingga t hitung> t tabel , hal ini dikatakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak, dengan demikian variabel (layanan bimbingan sosial) berpengaruh terhadap variable ( sosialisasi siswa ) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Berdasarkan analisis diatas disimpulkan bahwa layanan bimbingan sosial berpengaruh signifikan terhadap sosialisasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngronggot kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2015 / 2016. Kata kunci: layanan bimbingan sosial, sosialisasi siswa

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI