EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DALAM PENANGANAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 TANJUNGANOM TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
SHODIQ HARIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.01.0233
Abstract
ABSTRAK
SHODIQ HARIANTO, Efektifitas konseling kelompok dalam penanganan motivasi belajar pada Siswa Kelas IX SMPN 3 Tanjunganom Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.
Kata Kunci : Konseling Kelompok, Motivasi Belajar
Permasalahan yang diteliti adalah efektifitas konseling kelompok dalam penanganan motivasi belajar siswa yang dikhususkan pada siswa SMPN 3 Tanjunganom yang duduk di kelas IX. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah konseling kelompok mempunyai efektifitas yang signifikan dengan motivasi belajar.
Variabel dalam penelitian ini yaitu konseling kelompok sebagai variabel bebas dan motivasi belajar sebagai variabel terikat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantiatif, yang menjadi populasi adalah kelas IX SMP Negeri 3 Tanjunganom Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu siswa yang diidentifikasi mengalami kasus rendahnya motivasi belajar sebanyak 10 siswa dari populasi yang berjumlah 139 siswa. Instrument penelitian ini adalah angket. Metode pengumpulan data dengan uji statistik dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment.
Hasil penelitian bahwa Motivasi Belajar siswa 94,1% dipengaruhi secara positif oleh adanya konseling kelompok, sedangkan 5,9% dipengaruhi oleh hal-hal diluar variabel bebas tersebut seperti variasi metode, variasi media, kondisi keluarga, sikap guru, sarana prasarana dan sebagainya. Kesimpulan yang dapat dikemukakan bahwa layanan konseling kelompok siswa Kelas IX SMPN 3 Tanjunganom Tahun Ajaran 2015/2016 efektif dalam penangangan Motivasi Belajar Siswa dinyatakan benar adanya.