EFEKTIFITAS TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTsN GROGOL TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DESY AYU ASTIKA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0232

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa diantara peserta didik masih ada yang mengalami kurangnya motivasi dalam belajar. Peneliti berupaya menerapkan layanan teknik psikodrama untuk membantu meningkatkan motivasi belajar siswa guna membantu mereka melihat secara kritis faktor-faktor penyebab motivasi belajarnya yang rendah, kemudian mencari dan memecahkan bersama-sama sebab-sebab timbulnya motivasi belajar yang rendah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah psikodrama efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII MTsN Grogol tahun pelajaran 2017/2018. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, apakah teknik psikodrama efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII MTsN Grogol tahun pelajaran 2017/2018?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pre- experimental design dengan design one-group pretest-posttest. Pelaksanaan penelitian diawali dengan pengisian angket pre-test dilanjut dengan pemberian treatment dan kegiatan akhir dengan pengisian angket post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Grogol tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumalah 404 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji paired sample t test diketahui bahwa angka hasil perhitungan atau thitung sebesar -22,028 lebih besar dari ttabel untuk db N-1 = 39 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 0,316. Maka hipotesis berbunyi teknik psikodrama efektif untuk meningkatkan motivasi belajar diterima.Sehingga dapat disimpulkan teknik psikodrama efektif untuk meningkatkan motivasi belajar. Berdasarkan simpulan diatas, diharapkan guru BK mampu menerapkan dalam layanan bimbingan disekolah. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya diharapkan dimasa yang akan datang akan dapat digunakan sebagai salah satu sumber data untuk penelitian selanjutnya dan dilakukan penelitian lebih lanjut berdasarkan faktor dan variabel yang berbeda.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-03-27

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI