PENGARUH LAYANAN INFORMASI KARIER BERBASIS LIFE SKILL TERHADAP KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
HADI SUCIPTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.01.0230
Abstract
Abstrak
HADI SUCIPTO, Pengaruh Layanan Informasi Karir Berbasis Life Skill Terhadap Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Kelas X Di SMA Muhammadiyah I Nganjuk, Tahun Pelajaran 2016/2017, Fakultas Ilmu Pendidikan, Program Studi Bimbingan Dan Konseling, 2017.
Kata Kunci : layanan informasi karir berbasis life skill, kemampuan
perencanaan karir
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa tingkat perencanaan karir siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk tergolong rendah. Hal ini ditunjukan dari permasalahan siswa diantaranya; 1). Kurangnya respon siswa kelas X ketika akan ditanya tentang pemfokusan jurusan yang akan dikehendaki ketika akan masuk kelas XI 2) Siswa ragu-ragu atau tidak yakin atas potensi atau bakat yang dimiliki dalam perencanaan karir sehingga siswa mengkosongi beberapa jawaban seputar karir 3) Hasil nilai belajar siswa dibawah rata-rata hal ini disebabkan kurang adany adorongan atau motivasi, baik guru dan siswa itu sendiri dalam perencanaan mutu pendidikan 4) Kurangnya beradaptasi dengan lingkungan sekolah karena tidak ada respon timbal balik baik dan pelaksanaan layanan dari guru 5) Mayoritas siswa kelas X dalah mencontek hal ini dikarenakan tidak adanya sangsi tegas dan pelaksanaan layanan dari guru untuk memperingatkan siswa, sehingga hasil yang didapat siswa bukan mutlak dari usahanya sehingga potensi atau bakat tidak akan bisa disadari dalam merencanakan karir.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: adakah pengaruh layanan informasi karir berbasis life skill terhadap kemampuan perencanaan karir siswa kelas X di SMA Muhammadiyah I Nganjuk tahun pelajaran 2016/2017? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimen dengan menerapkan model one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah I Nganjuk tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 101 siswa. Sampel penelitian berjumlah 26 pada siswa kelas X-4, dalam menentukan jumlah sampel peneliti menggunakan teknik cluster random sampling.
Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket bersifat tertutup. Penyebaran angket dilakukan sebelum dan sesudah dilaksanakan layanan informasi karir berbasis life skill, adapun hasil penelitian adalah thitung > ttabel atau 5,67 > 2,06, maka terdapat pengaruh signifikan. Dengan demikian (Ha) yang berbunyi: ada pengaruh layanan informasi karir berbasis life skill terhadap kemampuan perencanaan karir siswa kelas X di SMA Muhammadiyah I Nganjuk tahun pelajaran 2016/2017 dapat diterima.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan; saran bagi siswa diharapkan bersikap lebih terbuka apabila mengalami masalah perencanaan karir sehingga persoalan yang dihadapi segera terpecahkan dan untuk guru bimbingan konseling hendaknya guru menyertakan materi berkenaan karir dalam kegiatan layanan informasi sesuai dengan kebutuhan siswa yang diperlukan oleh siswa-siswa usia SMA.