HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU AGRESIF REMAJA KELAS VIII SMP NEGERI PAGERWAJA KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

YANTIK SETYAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0227P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa tingkat perilaku agresif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pagerwojo Kabupaten Tulungagung tergolong tinggi. Hal ini ditunjukan dari serangkaian perilaku siswa, diantaranya: 1).Siswa marah ketika tidak menerima ada perbedaan pendapat diskusi di dalam kelas, 2). Siswa memukul siswa lain dengan peralatan sekolah, misalnya: (penggaris, penghapus papan, buku) ketika didapati ada siswa yang tidak bersedia mengikuti ajakannya, 3). Siswa mengolok-olok siswa lain yang kedapatan menjawab keliru pertanyaan guru, 4). Siswa menjaili dengan coret-coret di buku siswa lain ketika ada jam kosong di dalam kelas 5). Siswa memalak siswa lain ketika kedapatan tidak membawa uang saku 6). Siswa marah dengan menyobek kertas ulangan ketika mendapati nilai ulangan jelek. Berdasarkan perilaku agresif yang dilakukan siswa diatas, mengindikasikan bahwa siswa cenderung melakukan agresif fisik-verbal yaitu dengan menggunakan kata-kata kasar, suka berdebat, marah dan menyerang secara fisik menggunakan benda. Permasalahan penelitian ini adalah: adakah hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku agresif remaja kelas VIII SMP Negeri 2 Pagerwojo Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pagerwojo Kabupaten Tulungagung berjumlah 162 siswa. Sampel penelitian berjumlah 32 siswa, dalam menetukan jumlah sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Penyebaran angket dilakukan dengan memberikan angket kecerdasan emosi dan perilaku agresif. Analisa data variabel mempergunakan teknik analisa korelasi product moment dari Karl pearson. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku agresif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pagerwojo Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisa uji hipotesis bahwa; r hitung ? r tabel atau 0,489 ? 0,349. Simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan saran bagi guru bimbingan konseling hendaknya selalu meningkatkan kemampuan kecerdasan emosi siswa dan berusaha memberikan informasi bimbingan kepada siswa dalam memecahkan masalahnya dan bagi siswa diharapkan siswa bersikap terbuka apabila mengalami masalah terutama jika berhubungan dengan kepribadiannya. Hal ini memberikan potensi dan motivasi yang baik supaya terwujud pengelolaan kecerdasan emosi dan menghindari adanya perilaku agresif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI