HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENGELOLAAN EMOSI DENGAN PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 1 PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

LILIS SETYOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0226p

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekerasan-kekerasan yang dilakukan oleh siswa yang berlangsung secara sistematis, hal ini yang menjadi penyebab terjadinya perilaku bullying karena lemahnya kontrol pengelolaan diri yaitu dalam hal ini adalah emosi siswa. Remaja sebenarnya memiliki potensi untuk dapat mencapai kematangan kepribadian tetapi karena tidak mampu mengelola kemampuan emosional maka akan meningkatkan tindakan kekerasan yang tidak lain adalah timbulnya perilaku bullying. Penyebab bullying juga timbul dari fakor keluarga terutama dari pola asuh yang tidak didasari oleh kesiapan dan kewaspadaan orang tua dalam memberi contoh terkadang tanpa disadari orangtua yang sering menghukum anaknya secara berlebihan anak akan mempelajari perilaku kasar tersebut dan tidak menutup kemungkinan hal itu akan menjadi contoh perilaku kasar anak di lingkungan sekolah. Permasalahan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kemampuan pengelolaan emosi siswa dengan perilaku bullying pada siswa kelas X SMAN 1 Pakel Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional dengan subjek penelitian siswa kelas X SMAN 1 Pakel Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan jumlah sampel sebanyak 70 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment pearson ( ) melalui program komputer program SPSS 20.0 for windows Kesimpulan hasil penelitianinimenunjukkan nilai sebesar 0,392, jika dibandingkan dengan 0,235 maka ? (0,392 > 0,235) dengan taraf signifikansi 5%maka (Ho) ditolak yang artinya ada hubungan yang signifikan antara kemampuan pengelolaan emosi dengan perilaku bullying pada siswa kelas X di SMAN 1 Pakel Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan tujuan pokok hubungan kemampuan pengelolaan emosi siswa dengan perilaku bullying. Berdasarkan hasil tersebut sisiwa diharapkan memiliki kemampuan untuk pengelolaan emosi sehingga dapat meminimalisir perilaku bullying. Kata kunci: pengelolaan emosi, perilaku bullying

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI