PENGARUH LAYANAN INFORMASI TENTANG PEMAHAMAN DIRI TERHADAP RASA RENDAH DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA- 1 SMAN 1 CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SRI INDARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0225p

Abstract

ABSTRAK Sri Indarti : Pengaruh Layanan Informasi Tentang Pemahaman Diri Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Peserta Didik Kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Campurdarat Kabupaten Tulungagung, Skripsi, BK, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci : pemahaman diri, rasa rendah diri Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti bahwa mayoritas rasa rendah diri peserta didik di SMAN 1 Campurdarat Kabupaten Tulungagung dalam kategori tinggi, dan banyak peserta didik yang tidak percaya akan kemampuan yang ia miliki atau dengan kata lain minder. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh layanan informasi tentang pemahaman diri terhadap rasa rendah diri peserta didik kelas XI IPA-1 di SMAN 1 Campurdarat Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif teknik pra eksperimen desain One-group pretest-posttest, dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Campurdarat Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini diberi sebuah perlakuan sebanyak tiga kali untuk layanan informasi tentang pemahaman diri dan angket rasa rendah diri. Proses analisis data menggunakan uji paired sample t test dengan bantuan SPSS 20.0 for windows. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden dari populasi kelas XI IPA yang berjumlah 145 peserta didik yang ditetapkan dengan teknik cluster random sampling. Kesimpulan hasil penelitian yaitu ada pengaruh layanan informasi tentang pemahaman diri terhadap rasa rendah diri peserta didik. Hasil pengujian hipotesis dengan teknik uji t dengan bantuan SPSS 20.0 for windows menunjukkan ada pengaruh layanan informasi tentang pemahaman diri terhadap rasa rendah diri peserta didik kelas XI IPA-1, berdasarkan hasil perhitungan uji t dua sampel berhubungan diperoleh hasil nilai t hitung -22,922> t tabel 1,699 sehingga Ho ditolak, atau nilai sig (2 tailed) 0,000 < ? 0.05 maka Ho ditolak Hi diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diatas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan informasi tentang pemahaman diri terhadap rasa rendah diri peserta didik kelas XI IPA-1 di SMAN 1 Campurdarat Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016 yaitu dengan adanya pemberian layanan informasi tentang pemahaman diri dapat menurunkan rasa rendah diri peserta didik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI