PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

BAYU HARDIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0224P

Abstract

ABSTRAK Bayu Hardiawan, Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Bimbingan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung tergolong rendah. Hal ini ditunjukan dari hasil nilai raport yang kurang dari standar ketuntasan minimal adapun beberapa faktor penyebabnya adalah: 1) siswa tidak mampu mengerjakan karena sulit dan enggan bertanya, 2) siswa kurang memiliki kemauan dan kerja keras untuk meraih prestasi keberhasilan belajar, 3) umumnya siswa hanya belajar saat menghadapi ujian. Dari beberapa faktor-faktor diatas menandakan bahwa siswa belum mempunyai cara belajar yang efektif sehingga berakibat siswa belum mampu mandiri dan hasil belajar belum optimal. Di dalam penelitian ini peneliti mencoba mencari tahu seberapa besar pengaruh pemberian layanan bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016?. Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel yakni, pengaruh pemberian layanan sebagai variabel bebas (x) dan kemandirian belajar sebagai variabel terikat (y) Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik experimen desain one–group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 121 siswa. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 32 siswa kelas VIII-C, dalam menentukan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket kemandirian belajar. Hasil penelitian pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar ditunjukkan dari hasil analisa uji t-test bahwa; thitung ? ttabel atau 8,14 > 2,04, hal ini memiliki arti bahwa dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh pemberian layanan bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan; saran bagi siswa diharapkan mampu mengoptimalkan kemandirian belajar dengan melakukan serangkaian kegiatan pendidikan dan memberikan waktu luang untuk melakukan kegiatan positif, selanjutnya bagi orang tua diharapkan melakukan pengawasan, dan perhatian, terhadap putra putrinya supaya dapat belajar sesuai dengan apa yang diingikan dan memberikan fasilitas memadai sebagai sarana pembelajaran. KATA KUNCI : layanan bimbingan belajar, kemandirian belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI