Hubungan antara konsep diri dan efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa
Author (Penulis)
ARDHIANA CAHYARINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.01.0223
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masih ditemui kasus mengenai rendahnya kemandirian belajar siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara konsep diri dengan efikasi diri, (2) hubungan antara konsep diri dengan kemandirian belajar siswa, (3) hubungan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa, (4) hubungan secara bersama-sama antara konsep diri dan efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII IPA SMAN 1 Campurdarat Tahun Pelajaran 2016/2017 sejumlah 143 siswa dan sampel sejumlah 104 siswa, diambil dengan teknik simple random sampling. Pada penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu konsep diri dan efikasi diri, serta satu variabel terikat yaitu kemandirian belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment, analisis korelasi ganda dan parsial, analisis regresi linier sederhana dan regresi linier ganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada pengujian hipotesis pertama diperoleh nilai rhitung > rtabel (0,575 > 0,195) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, (2) pada pengujian hipotesis kedua diperoleh nilai rhitung > rtabel (0,604 > 0,195) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, (3) pada pengujian hipotesis ketiga diperoleh rhitung > rtabel (0,623 > 0,195) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, (4) pada pengujian hipotesis keempat diperoleh nilai R = 0,692 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan efikasi diri, (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan kemandirian belajar siswa, (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa, (4) ada hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara konsep diri dan efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa.
Kata kunci: konsep diri, efikasi diri, kemandirian belajar