PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANG TUA DAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PAKEL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Author (Penulis)
RIZATUL RAHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.01.0219
Abstract
Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua Dan Perilaku Konsumtif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pakel Tahun Pelajaran 2017/2018
Rizatul Rahmawati
13.1.01.01.0219
FKIP-Bimbingan dan Konseling
email
Dr. Sri Panca Setyawati, M. Pd. dan Galang Surya Gumilang, M. Pd.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
Abstrak
Rizatul Rahmawati: Pengaruh Kondisi Ekonomi Orangtua dan Perilaku Konsumtif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pakel Tahun Pelajaran 2017/2018
Penelitian ini didasari dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa masih banyak siswa yang motivasi belajarnya rendah banyak faktor yang mempengaruhi motivasi belajar salah satunya adalah ekonomi orangtua dan perilaku konsumtif.
Permasalahan penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh yang signifikan kondisi ekonomi orangtua terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pakel Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Adakah pengaruh yang signifikan perilaku konsumtif terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pakel Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Adakah pengaruh yang signifikan kondisi ekonomi orang tua dan perilaku konsumtif terhadap motivasi belajar siswa XI IPS di SMA Negeri 1 Pakel Tahun Pelajaran 2017/2018. Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif tekhnik non experimen dan analisis data penelitian menggunakan regresi linier berganda, jumlah populasi 114 siswa yang terdiri dari 4 kelas dan sampel berjumlah 56 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Disproportionate Stratified Random Sampling dan untuk mendapatkan data tentang kondisi ekonomi orangtua, perilaku konsumtif dan motivasi belajar siswa digunakan angket.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dan setelah diadakan analisis data diperoleh:1). Pengaruh secara parsial menunjukkan bahwa t hitung X1 (5,982) > t tabel (1,674) dan tingkat signifikansi 0,00< 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik. 2). Pengaruh secara parsial menunjukkan bahwa t hitung X2 (5,194) > t tabel (1,674) dan tingkat signifikansi 0,03 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan perilaku konsumtif peserta didik terhadap motivasi belajar. 3). Pengaruh secara simultan menunjukkan bahwa F hitung (55,628) > F tabel (3,15) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan kondisi ekonomi orang tua dan perilaku konsumtif terhadap motivasi belajar peserta didik secara bersama-sama (simultan), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel kondisi ekonomi orang tua dan variabel perilaku konsumtif terhadap variabel Y motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pakel Tahun Ajaran 2017/2018.
Kata kunci: kondisi ekonomi orangtua, perilaku konsumtif siswa, motivasi belajar siswa.
Keyword
Kondisi ekonomi orang tua, perilaku konsumtif, motivasi belajar