KEEFEKTIFAN METODE BERMAIN PERAN “TV HOST” DALAM BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENGATASI KESULITAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI KANDAT KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SHOFIATUL MAHBIBAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.01.0218
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kepedulian sekolah terhadap kemampuan komunikasi siswa berkepribadian introvert yang rendah. Padahal kemampuan komunikasi sangat vital dibutuhkan manusia untuk menjalani kehidupannya. Contoh nyata dari kurangnya kepedulian ini ialah tidak adanya upaya yang intensif untuk menolong siswa-siswa tersebut untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mereka
Pertanyaan penelitian ini adalah apakah metode bermain peran TV Host efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa berkepribadian Introvert ?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Eksperimen kualitatif dengan menggunakan desain SSD (Single Subject Design). Subyek pada penelitian ini sebanyak 2 siswa, yang semuanya kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan dalam 6 kali pertemuan dan pada setiap pertemuan subyek diminta untuk memerankan seirang Penyiar TV dengan bahan informasi yang berbeda-beda namun dengan pedoman observasi dan audience yang sama. Ini bertujuan untuk memudahkan peneliti untuk menganalisis dan mendiskripsikan perubahan yang terjadi serta menyimpulkan hasil penelitian.
.kesimpulan hasil penelitian ini adalah metode bermain peran TV Host efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa berkepribadian Introvert.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Penggunaan metode bermain peran TV Host lebih divariasikan lagi tema dan isi yang diinformasikan serta disesuaikan dengan ketertarikan siswa. Sehingga lebih optimal dalam membantu siswa yang memiliki kesulitan dalam komunikasi. (2) Penggunaan metode bermain peran TV Host lebih digeneralisasikan lagi, tidak hanya diberikan pada siswa yang memiliki kepribadian Introvert saja.