Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti selama melaksanakan kegiatan PPL 2 di SMP Negeri 1 Semen, bahwa terdapat permasalahan yang menunjukkan tingkat kematangan emosional siswa yang rendah yaitu siswa yang meluapkan emosinya secara langsung tanpa menunggu saat dan tempat yang tepat sehingga siswa meluapkan kemarahan tanpa melihat situasi dan kondisi melakukan tindakan tanpa berpikir efek dan akibatnya, dikarenakan kematangan emosional siswa dipengaruhi beberapa faktor yang kemungkinan salah satunya dipengaruhi oleh konsep diri positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh konsep diri positif terhadap kematangan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Semen Tahun Ajaran 2019/2020. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh konsep diri positif terhadap kematangan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Semen Tahun Ajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Semen dengan populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 360 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan sampel yang diambil sejumlah 36 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala konsep diri positif dan skalakematangan emosional. Uji coba instrumen dilakukan kepada 30 responden. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata konsep diri positif siswa pada kategori tinggi dan rata-rata kematangan emosional siswa pada kategori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh konsep diri positif terhadap kematangan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Semen Tahun Ajaran 2019/2020. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis korelasi sebesar 0,368 dan Sig. (2-tailed) sebesar 0,027. Berdasarkan hasil tesebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh konsep diri positif terhadap kematangan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Semen Tahun Ajaran 2019/2020. Bagi guru Bimbingan dan Konseling diharapkan mampu mengoptimalkan kembali perannya diantaranya yaitu melalui layanan bimbingan klasikal maupun memaksimalkan layanan bimbingan kelompok dengan materi yang berhubungan dengan konsep diri positif dan kematangan emosional.
Kata Kunci: Konsep Diri Positif, Kematangan Emosional
DAFTAR PUSTAKA
Agustiani, Hendriati. 2006. Psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi Kaitannya Dengan Konsep Diri Dan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Bandung: PT. Refika Aditama.
Andriasari, Fitri. 2015. Konsep Diri PadaAnak Sekolah Dasar dan Menengah Pertama. Seminar Psikologi & Kemanusiaan, (Online), 487-491, tersedia: http://mpsi.umm.ac.id, diunduh: 20 September 2019
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, R.D. 2014. Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsep Diri Siswa Sekolah Dasar Negeri Mendungan I Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (Online), 2 (4): (1-8), tersedia: https://journal.student.uny.ac.id, diunduh 20 September 2019
Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, Saifuddin. 2015. Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hidayat, Yusuf. 2017. Pengaruh Kematangan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Manajemen Stress Dalam Belajar Fisika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alaudin Makasar. Jurnal Al-Kalam, (Online), IX (2): 229-236, tersedia: http://journal.uin-alauddin.ac.id, diunduh 21 September 2019
Hidayat, Wahyu. 2015. Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Penerimaan Sosial Pada Siswa Kelas VII SMP Piri Ngaglik Tahun Ajaran 2014/2015. E-Journal, (Online), 5 (4): 1-12, tersedia: http://journal.student.uny.ac.id, diunduh 21 September 2019
Hurlock, E .1980. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
Hurlock, E. 1994. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.Jakarta: Erlangga
Husein, Umar. 2008. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada
Ikmal, Happy. 2017. Pengaruh Konsep Diri, Self Effiacy dan Motivasi Terhadap Learning Outcome Mata Pelajaran Aidah Akhlak di Kelas XI MA Pacet Mojokerto. Journal of Islamic Religious Instruction, (Online), 1 (1): 37-48, tersedia: http://jurnal.stitradenwijaya.ac.id, diunduh: 20 September 2019
Kurniawati, Dini. 2012. Konsep Diri, Dukungan Sosial Dan Kecemasan Menghadapi Keadaan Sakit Pada Pasien Fraktur. Jurnal Ners, (Online), 7 (1): 31-36, tersedia: https://e-journal.unair.ac.id, diunduh: 20 September 2019
Marimbuni, Syahniar, & Ahmad. 2017. Kontribusi Konsep Diri dan Kematangan Emosi Terhadap Penyesuaian Diri Siswa dan Implikasinya Dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan dan Konseling, (Online), 6 (2): 165-175, tersedia: http://journal.unj.ac.id, diunduh 24 September 2019
Muawanah, L.B. & Pratikno, H (2012). Kematangan Emosi, Konsep Diri dan Kenakalan Remaja. Jurnal Psikologi, (Online) 7 (1): 490-500, tersedia: https://media.neliti.com, diunduh: 24 September 2019
Nupus, Siti Nurbaiti. 2016. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII SMP IT Almaka. Skripsi. FITK. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta, (Online),tersedia: http://repository.uinjkt.ac.id
Prasetya, Rizky Eka. 2016. Pengaruh Kematangan Emosi Terhadap Pengungkapan Diri Pada Pengurus Osis SMK Negeri 1 Sapuran. Artikel Ilmiah, (Online), tersedia: https://eprints.uny.ac.id, diunduh: 21 September 2019
Putri, A. L. 2015. Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Efikasi Diri Pada Atlet Basket Universitas Muhammadiyah Surakarta. Artikel Ilmiah, (Online), tersedia: http://eprints.ums.ac.id, diunduh 24 September 2019
Putri, C.M & Abdurrohim. 2015. Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Perilaku Agresi Pada Siswa SMK Dinamika Kota Tegal. Jurnal Proyeksi, (Online), 10 (1): 39-48, tersedia: http://jurnal.unissula.ac.id, diunduh 21 September 2019
Rahmawati,V.D & Pudjiastuti, Endang. 2018. Studi Deskriptif Mengenai Konsep Diri Pada Siswa Remaja Tunarungu Di SMK BPP Kota Bandung. Prosiding Psikologi, Online), 4 (1): 301-306, tersedia: http://karyailmiah.unisba.ac.id, diunduh: 20 September 2019
Ramdan, M.P. 2013. Hubungan Antara Penerimaan Perkembangan Fisik Dengan Kematangan Emosi Pada Remaja Awal. Skripsi. FIP. Program Studi Psikologi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung, (Online), tersedia: http://repository.upi.edu, diunduh 21 September 2019
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukarno, Adi. 2017. Hubungan antara Konsep Diri dengan Kematangan Emosi Remaja di Dukuh PONDOK, Desa Sukorejo, Kec. Sambirejo, Kab. Sragen. Artikel Ilmiah, (Online), tersedia: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/, diunduh: 24 September
Utomo, Hanggara Budi. 2010. Hubungan Antara Kematangan Emosi Dan Kepercayaan Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja Awal Di SMK PGRI 3 KEDIRI. Efektor, (Online), (17): 27-34, tersedia: http://lp2m.unpkediri.ac.id, diunduh: 20 September 2019
Walgito, B. 2003. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi Offset.
Willianto, D.A. 2017. Hubungan Antara Konsep Diri dan Citra Tubuh Pada Perempuan Dewasa Awal. Skripsi. Fakultas Psikologi. Psikologi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta, (Online), tersedia: https://repository.usd.ac.id, diunduh: 20 September 2019