Keefektifan Teknik Simulasi Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ngunut


Author (Penulis)

YENI WINDYA MASRUROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0202

Abstract

Abstrak Yeni Windya Masruroh. Keefektifan Teknik Simulasi Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ngunut. Skrispi, Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2018. Kata Kunci: teknik simulasi, percaya diri. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, yang didasarkan dari hasil wawancara dengan guru BK di SMK Ngunut bahwa masih banyak siswa yang memiliki percaya diri rendah seperti siswa terlihat ragu-ragu saat berbicara didepan kelas, siswa beranggapan bahwa sekolah di SMK nanti tidak akan langsung bekerja kalau tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, siswa kurang yakin dengan kemampuan yang dimiliki selama sekolah di SMK. Maka rumusan masalah penelitian ini adalah apakah teknik simulasi efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas XI di SMK Ngunut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan teknik simulasi untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ngunut. Teknik simulasi adalah suatu permainan yang didalamnya terdapat situasi tiruan yang diperankan dan didiskusikan. Percaya diri merupakan perasaan yakin atas kemampuan diri yang membuat seseorang bebas dalam melakukan hal-hal yang disukainya serta dapat bertanggung jawab dengan perbuatannya, memiliki interaksi yang baik dengan orang lain, memiliki motivasi untuk berprestasi, dan mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan teknik Pre-Experimental Design dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh kelas XI di SMK Ngunut tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini dipilih 10 siswa yang memiliki percaya diri rendah. Pengambilan data menggunakan skala percaya diri. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan teknik uji Paired Sample t-Test diperoleh hasil nilai t hitung > t tabel, yaitu 32,846 > 1,833 dan nilai signifikansi 0,05 maka H0 ditolak, Ha diterima yang berarti hipotesis yang berbunyi teknik simulasi efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ngunut diterima. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif teknik untuk melakukan layanan bimbingan konseling disekolah. Selain itu guru BK juga diharapkan mampu menciptakan kondisi dan suasana yang membuat siswa berperan aktif dan memiliki kepercayaan diri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-04-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI