Keefektifan Teknik Biblioterapi Untuk Meningkatkan Karakter Hormat Pada Siswa Kelas XI di SMK PGRI 4 Kediri
Author (Penulis)
SEPTIA MARANTIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.01.0201
Abstract
KEEFEKTIFAN TEKNIK BIBLIOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER HORMAT PADA SISWA KELAS XI DI SMK PGRI 4 KEDIRI
SEPTIA MARANTIKA
13.1.01.01.0201
FKIP – Bimbingan dan Konseling
Email: septiamarantika28@yahoo.com
Dr. Hj. Sri Panca Setyawati, M.Pd dan Yuanita Dwi Krisphianti, M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman serta wawancara dengan guru BK, bahwa terdapat permasalahan tentang rendahnya karakter hormat siswa. Seperti siswa berbicara kasar dengan nada tinggi, ditegur guru tetap menjawab, dan memanggil guru hanya namanya saja. Karakter hormat adalah suatu penghargaan terhadap diri sendiri, orang lain, maupun segala bentuk kehidupan yang sepatutnya untuk dihargai (lingkungan sekitar). Salah satu teknik yang akan diterapkan untuk meningkatkan karakter hormat siswa adalah teknik biblioterapi. Teknik biblioterapi merupakan suatu teknik pemecahan suatu masalah dengan menggunakan suatu media yaitu buku yang sesuai dengan kebutuhan penelitian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan teknik biblioterapi untuk meningkatkan karakter hormat pada siswa kelas XI di SMK PGRI 4 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan pre-experimental designs dengan desain one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive yang dilakukan pada siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kediri dengan jumlah sampel 10 siswa. Adapun alat untuk pengumpulan data menggunakan skala karakter hormat. Analisis data menggunakan paired sample t-test dengan memanfaatkan program SPSS 23.0. Treatment yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik biblioterapi yaitu pemberian layanan menggunakan sebuah cerita. Hasil dari penelitian menunjukkan thitung > ttabel yaitu sebesar - 11,147 > – 1,833 dengan taraf signifikansi 0,05, yang berarti bahwa teknik biblioterapi efektif untuk meningkatkan karakter hormat pada siswa kelas XI di SMK PGRI 4 Kediri. Simpulan hasil penelitian ini adalah bahwa teknik biblioterapi efektif untuk meningkatkan karakter hormat siswa kelas XI di SMK PGRI 4 Kediri. Saran untuk guru BK penelitian ini dapat digunakan sebagai suatu referensi alternatif dalam pelaksanaan layanan dalam bimbingan dan konseling untuk membantu siswa menghadapi suatu problem khususnya terkait dengan problem karakter hormat. Bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan teknik biblioterapi sebagai alternatif pemecahan masalah selain karakter hormat siswa.
Kata kunci: teknik biblioterapi, karakter hormat